HUBUNGAN KETERSEDIAAN SARANA DAN PRASARANA SEKOLAH DENGAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI PAGELARAN UTARA LAMPUNG

Reni, Septianah (2023) HUBUNGAN KETERSEDIAAN SARANA DAN PRASARANA SEKOLAH DENGAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI PAGELARAN UTARA LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI RENI SEPTIANAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Sebuah lembaga pendidikan pastinya memerlukan dukungan sarana dan prasarana pendidikan yang memadai. Karena, proses belajar mengajar akan semakin sukses dan efektif apabila ditunjang dengan sarana dan prasarana belajar yang baik. Akan tetapi, tidak semua lembaga pendidikan memiliki sarana dan prasarana yang baik. Seperti di SMK Negeri Pagelaran Utara yang sarana dan prasaranya belum memadai. Oleh karena itu, skripsi ini membahas tentang hubungan ketersediaan sarana dan prasarana sekolah dengan keaktifan belajar peserta didik di SMK Negeri Pagelaran Utara. Dengan rumusan masalah apakah terdapat hubungan antara kelengkapan sarana dan prasarana sekolah dengan keaktifan belajar di SMK Negeri Pagelaran Utara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sarana dan prasarana sekolah belum memadai dan keaktifan belajar masih kurang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara ketersediaan sarana dan prasarana sekolah dengan keaktifan belajar di SMK Negeri Pagelaran Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan pendekatan penelitian Field Research dan kepustakaan (library research). Sedangkan populasi dalam penelitian ini berjumlah 95 responden siswa kelas IX SMK Negeri Pagelaran Utara dengan 49 sampel. Dan sampel yang digunakan yaitu Teknik Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji linieritas. Sedangkan uji hipotesis menggunakan uji korelasi dan teknik regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menyimpulakan bahwa terdapat hubungan positif antara Sarana dan Prasarana Sekolah dengan Keaktifan Belajar di SMK Negeri Pagelaran Utara dengan korelasi variabel bebas dan variabel terikat adalah 0,556. Selain itu R2 sebesar 0,309 pada taraf signifikansi 5%. Hal ini berarti hubungan variabel X (Sarana dan Prasarana Sekolah) terhadap variabel Y (Keaktifan Belajar) adalah sebesar 55,6% dan sisanya sebesar 55,4% disebabkan oleh faktor lain yang bukan menjadi fokus pembahasan dalam penelitian ini. Kata Kunci : Sarana dan Prasarana Sekolah, Keaktifan Belajar. iii ABSTRACT An educational institution certainly requires the support of adequate educational facilities and infrastructure. Because, the teaching and learning process will be more successful and effective if it is supported by good learning facilities and infrastructure. However, not all educational institutions have good facilities and infrastructure. As in Pagelaran Utara State Vocational School, the facilities and infrastructure are inadequate. Therefore, this thesis discusses the relationship between the availability of school facilities and infrastructure with the active learning of students at SMK Negeri Pagelaran Utara. With the formulation of the problem, is there a relationship between the completeness of school facilities and infrastructure with active learning at SMK Negeri Pagelaran Utara. The results of this study indicate that school facilities and infrastructure are inadequate and active learning is still not good. The purpose of this study was to determine the relationship between the completeness of school facilities and infrastructure with active learning at SMK Negeri Pagelaran Utara. The method used in this study is a quantitative method with a Field Research and library research approach. While the population in this study amounted to 95 student respondents at SMK Negeri Pagelaran Utara with 49 samples. And the sample used is the Slovin Technique. Data collection techniques using a questionnaire with a Likert scale. Data analysis techniques using the normality test, homogeneity test and linearity test. While testing the hypothesis using correlation tests and simple linear regression techniques. The results of this study concluded that there was a positive relationship between school facilities and infrastructure with learning activity at North Pagelaran State Vocational School with the correlation of the independent variable and the dependent variable was 0.556. In addition, R2 is 0.309 at a significance level of 5%. This means that the relationship between variable X (school facilities and infrastructure) and variable Y (learning activity) is 55,6% and the remaining 55,4% is caused by other factors that are not the focus of discussion in this study. Keywords: school facilities and infrastructure, Learning Activeness.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Dec 2023 07:07
Last Modified: 12 Dec 2023 11:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31482

Actions (login required)

View Item View Item