STRATEGI PENINGKATAN CASA DALAM MENURUNKAN PRICING DANA GUNA MENARIK MINAT NASABAH DI BANK SYARIAH MENURUT PERSPEKTIFEKONOMI ISLAM (Studi Pada Bank Syariah Indonesia KCP Tanjung Karang)

Emawati, Mahmud (2023) STRATEGI PENINGKATAN CASA DALAM MENURUNKAN PRICING DANA GUNA MENARIK MINAT NASABAH DI BANK SYARIAH MENURUT PERSPEKTIFEKONOMI ISLAM (Studi Pada Bank Syariah Indonesia KCP Tanjung Karang). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 5, DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of Emawati.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Strategi bank dalam menghimpun dana terutama dana murah adalah dengan memberikan rangsangan berupa balas jasa yang menarik dan menguntungkan. Balas jasa tersebut dapat berupa bunga bank yang berdasarkan prinsip konvensional dan bagi hasil, bagi bank yang berdasarkan prinsip syari‘ah. Kemudian rangsangan lainnya dapat berupa cendera mata, hadiah, pelayanan atau balas jasa lainnya. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi peningkatan Casa dalam menurunkan pricing dana guna menarik minat nasabah di Bank Syariah menurut perspektif ekonomi Islam Pada Bank Syariah Indonesia KCP Tanjung Karang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian secara kualitatif. Sumber data menggunakan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis SWOT (Strength Weakness Opportunities Threats) dengan menggunakan metode analisis faktor eksternal (EFAS), analisis faktor internal (IFAS), dan matriks Grand Strategy. Hasil penelitian menunjukkan analisis matrik IFAS diperoleh total nilai dari faktor internal sebesar 1,33 dan dari matrik EFAS diperoleh total nilai dari faktor eksternal sebesar 1,91. Dari evaluasi faktor internal dan eksternal dapat disimpulkan bahwa faktor eksternal lebih besar dan berada di kuadran 1 menunjukkan situasi yang menguntungkan untuk melakukan kebijakan strategi yang agresif untuk menarik minat nasabah di Bank Syariah Indonesia KCP Tanjung Karang. Kata Kunci: Strategi, Casa, Pricing Dana, Minat Nasabah. ABSTRACT The bank's strategy in collecting funds, especially cheap funds, is to provide incentives in the form of attractive and profitable remuneration. The remuneration can be in the form of bank interest based on conventional principles and profit sharing, for banks based on sharia principles. Then other stimuli can be in the form of souvenirs, gifts, services or other remuneration. The aim of this research is to determine Casa's improvement strategy in reducing fund pricing in order to attract customer interest in Sharia Banks according to an Islamic economic perspective at Bank Syariah Indonesia KCP Tanjung Karang. This research uses qualitative research methods. Data sources use primary and secondary data. Data collection techniques use interviews and documentation. The data analysis technique in this research uses SWOT (Strength Weakness Opportunities Threats) analysis using the external factor analysis (EFAS), internal factor analysis (IFAS) and Grand Strategy matrix methods. The research results showed that the IFAS matrix analysis obtained a total value from internal factors of 1.33 and from the EFAS matrix a total value from external factors obtained was 1.91. From the evaluation of internal and external factors, it can be concluded that external factors are greater and are in quadrant 1, indicating a favorable situation for implementing aggressive strategic policies to attract customer interest at Bank Syariah Indonesia KCP Tanjung Karang. Keywords: Strategy, Casa, Pricing Funds, Customer Interests.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Dec 2023 07:02
Last Modified: 12 Dec 2023 07:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31481

Actions (login required)

View Item View Item