PENGARUH PENGETAHUAN INFORMASI MERGER DAN PERSEPSI TENTANG PRODUK TERHADAP CITRA PERUSAHAAN BANK SYARIAH INDONESIA (Studi Pada Nasabah Generasi Z di Bandar Lampung)

Selly, Viyolia (2023) PENGARUH PENGETAHUAN INFORMASI MERGER DAN PERSEPSI TENTANG PRODUK TERHADAP CITRA PERUSAHAAN BANK SYARIAH INDONESIA (Studi Pada Nasabah Generasi Z di Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of FULL SKRIPSI   SELLY VIYOLIA.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 5, DAPUS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan perbankan syariah di Indonesia telah menjadi tolak ukur keberhasilan eksistensi ekonomi syariah. Penelitian ini bertujuan menguji dan menganalisis pengaruh variabel independen pengetahuan informasi merger dan persepi tentang produk terhadap variabel dependen citra perusahan. Penelitian ini melihat tujuan eksternal dari merger, apakah akan menjadi sebuah langkah untuk mengoptimalkan dan memajukan perkembangan perusahaan atau tidak. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif, dengan jenis data primer. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang menjadi nasabah migrasi Bank Syariah Indonesia pasca merger. Nasabah yang dijadikan responden merupakan nasabah Generasi Z dan berdomisili di Kota Bandar Lampung, dengan jumlah sampel 100 orang. Penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling dengan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner dan studi pustaka, serta uji statistik dengan menggunakan alat bantu program SmartPLS 4.0. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa variabel pengetahuan informasi merger berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra perusahaan. Dengan ini menunjukkan, bahwa masyarakat memproses informasi merger dengan cermat dan menggunakan pengetahuan yang diperoleh untuk membentuk persepsi mereka terhadap BSI. Sementara itu, hasil uji statistik pada variabel persepsi tentang produk menunjukkan bahwa persepsi tentang produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra perusahaan. Semakin tinggi persepsi masyarakat tentang produk bank syariah, menunjukkan bahwa produk-produk yang disediakan terbukti memberikan kontribusi dan secara bersamaan BSI memperoleh citra yang baik dari masyarakat sebagai bank hasil penggabungan (merger). Secara tegas Allah telah melarang untuk menjauhi praktik riba dan menghalalkan jual beli. Sehingga apabila dikaitkan dengan segi perspektif Islam, hal ini sejalan dengan Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 275. Kata kunci: Bank Syariah, Citra Perusahaan, Generasi Z, Merger. ABSTRACT The development of Islamic banking in Indonesia has become a benchmark for the successful existence of Islamic economics. This study aims to test and analyze the effect of independent variables of knowledge of merger information and perceptions about products on the dependent variable corporate image. This study looks at the external objectives of the merger, whether it will be a step to optimize and advance the development of the company or not. This research uses a quantitative approach method, with primary data type. The population in this study were all people who became customers of the post-merger Bank Syariah Indonesia migration. Customers who were used as respondents were Generation Z customers and domiciled in Bandar Lampung City, with a sample size of 100 people. This study uses non probability sampling technique with purposive sampling method. The data collection techniques in this study were questionnaires and literature studies, as well as statistical tests using the SmartPLS 4.0 program tool. The statistical test results show that the merger information knowledge variable has a positive and significant effect on corporate image. This shows that people process merger information carefully and use the knowledge gained to shape their perceptions of BSI. Meanwhile, the statistical test results on the perception of product variable show that the perception of product has a positive and significant effect on corporate image. The higher the public perception of Islamic bank products, it shows that the products provided are proven to contribute and simultaneously BSI gains a good image from the public as a merged bank. Allah has expressly forbidden to stay away from usury practices and legalize buying and selling. So that when associated with the Islamic perspective, this is in line with the Al-Qur'an letter Al-Baqarah verse 275. Keywords: Islamic Bank, Corporate Image, Generation Z, Merger.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Dec 2023 06:54
Last Modified: 12 Dec 2023 06:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31479

Actions (login required)

View Item View Item