IMPLEMENTASI TERAPI RUQYAH TERHADAP KONTROL DIRI PADA RESIDEN NAPZA DI PANTI REHABILITASI GANGGUAN JIWA DAN NARKOBA WISMA ATARAXIS

MUKHAROMAH, SUKISNO (2023) IMPLEMENTASI TERAPI RUQYAH TERHADAP KONTROL DIRI PADA RESIDEN NAPZA DI PANTI REHABILITASI GANGGUAN JIWA DAN NARKOBA WISMA ATARAXIS. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI MUKHAROMAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK IMPLEMENTASI TERAPI RUQYAH TERHADAP KONTROL DIRI PADA RESIDEN NAPZA DI PANTI REHABILITASI GANGGUAN JIWA DAN NARKOBA WISMA ATARAXIS Oleh: Mukharomah Penyalahgunaan napza banyak dilakukan oleh berbagai kalangan masyarakat, baik itu pada usia muda atau pun tua. Selain itu, napza juga dapat memberikan dampak buruk pada kesehatan baik itu secara fisik maupun psikis pada pemakainya. Menggunakan napza, sebagian besar disebabkan oleh pengaruh dari luar, seperti pada lingkungan pertemanan. Membuat beberapa perilaku atau tindakan berupa kontrol dalam diri menjadi belum bisa di kontrol, dan membuat salah dalam mengambil keputusan yang berakibatkan pada penggunaan napza. Oleh karena itu, dilakukan terapi ruqyah untuk membantu memperbaiki kontrol diri pada para residen napza. Terapi ruqyah yang dilakukan dengan 3 tahapan, yaitu persiapan, pelaksanaan terapi ruqyah, dan setelah melakukan terapi ruqyah seperti pemberian nasihat. Kemudian, bacaan yang digunakan yaitu ayat-ayat suci Al-Qur’an seperti Al-Fatihah, Al-Ikhlas, Al-Falaq, An�Nas, Al-Imran, Yasin dan Ayat Kursi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi dan dampak dari terapi ruqyah terhadap kontrol diri pada residen napza di panti rehabilitasi gangguan jiwa dan narkoba wisma ataraxis. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan dari data primer dan data sekunder. Subjek penelitian yang digunakan sebanyak 3 residen. Data dianalisis dengan menggunakan analisis data kualitatif model sugiyono. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya implementasi terapi ruqyah terhadap kontrol diri pada para residen napza. Memberikan para residen mampu untuk mencapai indikator kontrol diri yaitu mengatur pelaksanaan, mengatur stimulus, memperoleh informasi, melakukan penilaan, serta pengambilan keputusan, menjadi lebih baik. Sebab, terapi ruqyah membuat residen menjadi dekat dengan Allah SWT, dapat berfikiran positif dan mampu mengendalikan diri dari hal-hal yang menurutnya memberi dampak negatif. Kata Kunci: Terapi Ruqyah, Kontrol Diri, Residen Napza.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Akhlak dan Tasawwuf
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Akhlak dan Tasawwuf
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Dec 2023 06:23
Last Modified: 12 Dec 2023 06:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31472

Actions (login required)

View Item View Item