IMPLEMENTASI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA TENAGA KEPENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG

Angga, Lesmana (2023) IMPLEMENTASI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA TENAGA KEPENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI Angga Lesmana.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi dari proses manajemen sumber daya manusia tenaga kependidikan dimulai dari mengimplementasikan sumber daya manusia tenaga kependidikannya. Sampai dengan faktor pendukung dan penghambat implementasi manajemen sumber daya manusia tenaga kependidikan. Peneliti mengunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan studi kasus dalam hal ini dengan mengamati manajemen di MIN 4 Bandar Lampung. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah, ketua tata usaha dan tata usaha. Objek penelitian ini adalah implementasi manajemen sumber daya manusia tenaga kependidikan di MIN 4 Bandar Lampung di Kota Bandar Lampung. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi.Data primer diperoleh langsung dari narasumber terkait implementasi manajemen sumber daya manusia tenaga kependidikan, faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan manajemen sumber daya manusia, sedangkan faktor sekunder masih berupa teori teori, data statistik serta data penunjang lain nya didapat dari kepustakaan dan dokumentasi milik madrasah. Sedangkan uji keabsaan data penelitian ini masih menggunakan teknik trigulasi, teknik trigulasi sumber. Analisis data penelitian ini menggunakan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa manajemen sumber daya manusia tenaga kependidikan di MIN 4 Bandar Lampung telah direncanakan dengan baik dan terstrukter sesuai dengan sop yang ada sesuai dengan visi misi Madrasah tidak terlepas dari pola poace, motivasi. Pelaksanaan manajemen sumber daya manusia tenaga kependidikan dilakukan oleh semua staf staf madrasah, komite madrasah dan kepala madrasah. Pelaksanaan manajemen sumber daya manusia dilaksanakan sepanjang tahun ajaran dan sesuai dengan perencanaan pengembangan manajemen sumber daya manusia yang sudah ditetapkan berdasarkan standar standar yang ada dan sesuai dengan visi dan misi madrasah. Dalam proses evaluasi manajemen sumber daya manusia tenaga kependidikan dilakukan dalam tiga iv jangka, yaitu jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang.evaluasi pengembangan manajemen sumber daya manusia yang dilakukan yaitu evaluasi kinerja para tenaga kependidikan. Peningkatan dilakukan dengan mengikuti pelatihan pelatihan, seminar,dan workshop kepada semua jajaran supaya tidak ketinggalan dengan madrasah lainnya agar menjadi mutu yang lebih baik. Pengendalian dilakukan agar semua jajaran tidak keluar jalur dari visi misi madrasah dan mengotrol kinerja kinerja para staf yang ada di madrasah. Faktor pendukungnya yaitu sarana, prasarana. Riwayat pendidikan, sumber daya manusia nya dan kuantitas dan kualitas lulusan nya , faktor penghambat nya jaringan wifi yang lemah, kekurangan sumber daya manusia dibagian pelajaran pjok, alat alat penunjang tenaga kependidikan banyak yang rusak, ruang atau gedung yang terbatas. Kata kunci : Implementasi, Manajemen Sumber Daya Manusia, Tenaga Kependidikan v ABSTRACT This research aims to describe the implementation of the human resource management process for education personnel starting from implementing the human resources for education personnel. Up to the factors supporting and inhibiting the implementation of human resource management for education personnel. The researcher uses qualitative descriptive research by using case studies in this case by observing the management at MIN 4 Bandar Lampung. The subjects of this study were the head of the madrasah, the head of administration and administration The object of this research is the implementation of human resource management for education staff at MIN 4 Bandar Lampung in Bandar Lampung City. Researchers used data collection techniques by means of interviews, observation, and documentation.Primary data were obtained directly from sources related to the implementation of human resource management for education personnel, supporting and inhibiting factors in implementing human resource management, while secondary factors were still in the form of theoretical theories, statistical data and other supporting data obtained from the madrasa library and documentation. Meanwhile, the data validity test of this research is still using trigulation technique, source trigulation technique. Data analysis of this research uses data reduction data presentation and drawing conclusions. The results of this study indicate that the management of human resources for education personnel at MIN 4 Bandar Lampung has been well planned and structured in accordance with the existing soups in accordance with the Madrasa's vision and mission cannot be separated from the pattern of poace, motivation. The implementation of human resource management for education personnel is carried out by all madrasah staff, madrasa committees and madrasa heads. The implementation of human resource management is carried out throughout the academic year and in accordance with the human resource management development plan that has been determined based on existing standards and in accordance with the vision and mission of the madrasa. In the process of evaluating human resource vi management for education personnel, it is carried out in three terms, namely short term, medium term and long term. Evaluation of human resource management development carried out is evaluating the performance of education personnel. Improvements are made by participating in training, seminars, and workshops for all levels so as not to be left behind with other madrasas in order to become of better quality. Control is carried out so that all levels do not go out of line from the vision and mission of the madrasa and control the performance of the staff in the madrasa. The supporting factors are facilities and infrastructure. Educational history, human resources and the quantity and quality of graduates, the inhibiting factors are the wifi network that is still stuck, the lack of human resources in the corner lessons, many educational staff supporting tools are damaged, the narrow space or building becomes passable. Keywords: Implementation, Human Resource Management, Education Personnel

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Dec 2023 04:47
Last Modified: 12 Dec 2023 11:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31470

Actions (login required)

View Item View Item