ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN DALAM PENGGUNAAN E-COMMERCE DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Generasi Milenial Kota Metro)

Bhima, Arya Pratama (2023) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN DALAM PENGGUNAAN E-COMMERCE DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Generasi Milenial Kota Metro). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Bhima 1 5 dapus.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of BIMA .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan dan peningkatan jasa pada perusahaan dari tahun ke tahun semakin menjadi perhatian masyarakat Pada saat ini penjualan secara online sangat digemari oleh kaum milenial hingga orang dewasa. Hal ini dikarenakan berbelanja secara online dapat mempermudah pelanggan tanpa harus mengantri atau tanpa mengunjungi langsung tempat perbelanjaannya. Saat ini penjualan online melalui e-commerce semakin meningkat. Rumusan masalah penelitian ini Apakah faktor kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasaan penggunaan e-commerce ?Apakah faktor harga berpengaruh terhadap kepuasaan penggunaan e-commerce? Apakah faktor harga dan kualitas pelayanan berpengaruh secara simultan? Bagaimana pandangan ekonomi islam Terhadap kepuasan konsumen dalam penggunaan e-commerce ? Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh faktor kualitas pelayanan terhadap kepuasaan penggunaan e-commerce. menganalisis pengaruh faktor harga terhadap kepuasaan penggunaan e-commerce. menganalisis faktor harga dan kualitas pelayanan berpengaruh secara simultan. Untuk pandangan ekonomi islam Terhadap kepuasan konsumen dalam penggunaan e-commerce. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kuantitatif dengan 100 responden pada generasi melinial kota metro sebagai sampel dan teknik penentuan sampel menggunakan metode teknik purposive sampling pengumpulan data menggunakan kuesioner . Hasil penelitian ini Variabel Kualitas Pelayanan menunjukkan (2,312 >1.984), atau sig,<a (0,00 <0.05), berarti variabel kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Variabel Harga menunjukkan (13,155 > 1.984), atau sig ,<a (0.00 <0.05), berarti variabel Harga berpengaruh terhadap kepuasaan pengguna e�commerse. Uji F menunjukan (163,925 > 2,70) dan besarnya sig 0,000 < 0,05 bahwa kualitas pelayanan dan Harga secara bersama sama simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen kepuasan pengguna. Ditinjau dari Prinsip Ekonomi Islam, para pihak yang melakukan transaksi telah memenuhi kriteria-kriteria yang dijadikan syarat orang-orang yang beraqad yaitu : Tamyiz, adanya kerelaan, merupakan pemilik sempurna, serta kesepakatan transaksi antara kedua belah pihak. Kata Kunci : Kualitas pelayanan, Harga dan Kepuasaan konsumen. ABSTRAK e-commerce? Do price factors influence satisfaction with using e�commerce? Do price factors and service quality influence simultaneously? What is the Islamic economic view of consumer satisfaction in using e-commerce? The aim of this research is to analyze the influence of service quality factors on satisfaction with using e-commerce. analyze the influence of price factors on satisfaction with e-commerce use. analyze the influence of price and service quality factors simultaneously. To look at Islamic economics towards consumer satisfaction in using e-commerce. This research was conducted u The development and improvement of services at companies from year to year is increasingly becoming a public concern. Currently, online sales are very popular with millennials and adults. This is because shopping online can make it easier for customers without having to queue or visit the shopping place directly. Currently online sales through e�commerce are increasing. Formulation of the problem for this research. Do service quality factors influence satisfaction with using sing a quantitative method with 100 respondents in the millennial generation of metro cities as samples and the sampling technique used a purposive sampling technique to collect data using a questionnaire. The results of this research show that the Service Quality Variable shows (2.312 > 1.984), or sig, <a (0.00 <0.05), meaning that the service quality variable has an effect on consumer satisfaction. The Price variable shows (13.155 > 1.984), or sig <a (0.00 <0.05), meaning that the Price variable influences e-commerce user satisfaction. The F test shows (163.925 > 2.70) and the sig is 0.000 < 0.05 that service quality and price together have a significant effect on the dependent variable of user satisfaction. Judging from the Principles of Islamic Economics, the parties carrying out the transaction have fulfilled the criteria that are used as conditions for those who have aqad, namely: Tamyiz, willingness, being the perfect owner, as well as a transaction agreement between the two parties. Keywords: Service quality, price and consumer satisfaction.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Dec 2023 03:39
Last Modified: 12 Dec 2023 03:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31464

Actions (login required)

View Item View Item