POLA KOMUNIKASI KARANG TARUNA DALAM MENUMBUHKAN SOLIDARITAS PEMUDA DI PEKON BUAY NYERUPA KECAMATAN SUKAU KABUPATEN LAMPUNG BARAT

MUHAMMAD, RIDO KUSUMA (2023) POLA KOMUNIKASI KARANG TARUNA DALAM MENUMBUHKAN SOLIDARITAS PEMUDA DI PEKON BUAY NYERUPA KECAMATAN SUKAU KABUPATEN LAMPUNG BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1.2& Dapus.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi Rido.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pola komunikasi organisasi Karang Taruna sangatlah penting dilakukan oleh seorang pemimpin guna mencapai suatu tujuan organisasi karena segala keputusan-keputusan yang digariskan atau suatu kegiatan yang direncanakan dengan menentukan skala prioritas secara baik dan tepat akan membawa suatu perubahan secara menyeluruh dari anggotanya dengan adanya kiat-kiat yang di lingkungan kerja dan diharapkan dapat dipatuhi dan dilaksanakan dalam mengembangkan misi dan visi organisasi secara bersama, untuk itu Ketua karang taruna harus memiliki gambaran yang jelas tentang apa yang dicapai. Oleh karena itu perlu adanya pola komunikasi organisasi Karang Taruna Pekon Buay Nyerupa dalam menumbuhkan solidaritas pemuda melalui kegiatan sosial di Pekon Buay Nyerupa Kecamatan Sukau Kabupaten Lampung Barat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari ketua organisasi Karang Taruna dan anggotanya. Sedangkan, data sekunder diperoleh dari lingkungan sekitar Pekon Buay Nyerupa Kecamatan Sukau Kabupaten Lampung Barat. Berdasarkan hasil penelitian maka temuan lapangan penelitian ini pola komunikasi yang digunakan di organisasi Karang Taruna yaitu pola lingkaran, pola roda, pola Y, pola komunikasi menyeluruh, dan pola komunikasi rantai. Pada organisasi Karang Taruna menggunakan pola komunikasi lingkaran disaat melakukan rapat koordinasi guna untuk mencapai tujuan program kegiatan yang disepakati bersama setiap bidang/seksi agar pekerjaan dapat terselesaikan tanpa adanya kesalahan. Pola Komunikasi Roda yakni ketua memiliki kekuasaan penuh dalam mengontrol setiap anggotanya. Dalam hal ini dia satusatunya orang yang dapat mengirim dan menerima pesan dari semua anggota. Sedangkan Pada pola Y ini memiliki ketua yang jelas, tetapi anggota lainnya berperan sebagai ketua kedua. Kemudian pola komunikasi menyeluruh menyesuaikan formal berbeda dengan saat berada di luar ruangan maka komunikasi bisa lebih ringan dan santai tergantung situasi dan kondisi. Pola komunikasi rantai penyebaran informasi dari orang perorang sehingga informasi yang disampaikan ke beberapa orang tertentu dapat menyebar secara keseluruhan penyampaian suatu informasi. Faktor yang menjadi pendukung ialah (1) Hubungan yang personal, (2) Media Komunikasi, dan (3) Waktu. iv Sedangkan yang menjadi faktor yang menjadi penghambat pola komunikasi organisasi lebih mengarah kepada hal optimalnya hubungan yan tidak terlalu personal Kata Kunci: Pola Komunikasi, Karang Taruna, Solidaritas Pemuda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Dec 2023 03:29
Last Modified: 12 Dec 2023 03:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31462

Actions (login required)

View Item View Item