PENERAPAN KONSELING INDIVIDU PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMK NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Susanti, Emi (2018) PENERAPAN KONSELING INDIVIDU PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMK NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_EMI.pdf] PDF
Download (4MB)

Abstract

Konseling individu merupakan layanan konseling yang diselenggarakan oleh seorang pembimbing (konselor) terhadap seorang konseli dalam rangka pengentasan masalah. Kesulitan belajar juga merupakan suatu kondisi yang tidak dapat disembuhkan, namun apabila mendapat pelayanan intervensi yang tepat maka individu yang mengalami kesulitan belajar akan mengalami kesuksesan dalam belajar dan berkarier. Adapun bentuk kesulitan belajar terbagi atas menghindari dalam mengutarakan pendapat ketika berdiskusi, tidak menyukai ketika diskusi berlansung di mata pelajaran karena kurang memahami, tidak teratur dalam kegiatan belajar, malas dalam mencatat pelajaran, masih merasa bingung pada waktu diskusi, masih diam dan malu mengutarakan pendapat ketika proses belajar mengajar berlangsung sehingga membuat prestasinya rendah. Sehubungan dengan hal di atas penulis tertarik meneliti tentang Penerapan konseling individu Pendekatan Rasional Emotive Behavior Therapy untuk mengatasi kesulitan belajar peserta didik di SMK Negeri 7 Bandar Lampung adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimanakah Penerapan konseling individu Pendekatan Rasional Emotive Behavior Therapy untuk mengatasi kesulitan belajar pada peserta didik kelas XI SMK Negeri 7 Bandar Lampung Jenis penelitian ini adalah studi kasus Subyek dalam penelitian ini adalah seorang peserta didik SMK Negeri 7 Bandar Lampung Metode pengumpulan data yang digunakan Observasi, Wawancara, Dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukan penerapan konseling individu Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy untuk mengatasi kesulitan belajar pada peserta didik. dengan memodifikasi fikiran irasional menjadi rasional, maka akan terbentuk konsekuensi emosi dan tingkah laku yang lebih rasional. Pada kasus ini, peserta didik kesulitan belajar di bantu untuk membentah bahkan membuang pikiran terhadap diri sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Feb 2018 02:01
Last Modified: 07 Feb 2018 02:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3146

Actions (login required)

View Item View Item