TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TENTANG SHARING PROFIT ANTARA PEMILIK DAN PENGELOLA VILLA (Studi Pada Inna‟s Villa Desa Sumatera Way Redak Kecamatan Pesisir Tengah Kabupaten Pesisir Barat)

Rita, Sari (2023) TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TENTANG SHARING PROFIT ANTARA PEMILIK DAN PENGELOLA VILLA (Studi Pada Inna‟s Villa Desa Sumatera Way Redak Kecamatan Pesisir Tengah Kabupaten Pesisir Barat). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI RITA SARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK Sharing profit adalah suatu sistem atau metode bagi hasil usaha antara pihak penyedia dana dan juga pengelola dana yang mana nantinya sistem tersebut adalah bagi hasil dari usaha bisnis kedua pihak, termasuk yang di jalankan pada perusahaan, ataupun bank syari‟ah. Inna„s Villa Desa adalah salah satu penginapan berfasilitas lengkap yang terletak di Kabupaten Pesisir Barat, Lampung, Jalan Pancing, Desa Way Redak, Kecamatan Pesisir Tengah. Bentuk akad atau kerjasama yang dilakukan antara pemilik dan pengelola pemilik villa, perjanjian bagi hasil villa setiap bulan pada saat akhir bulan. Pada saat kesepakatan antara pemilik villa dan pengelola villa Semua dana yang masuk dari usaha villa dihitung pada akhir bulan dan hasilnya dibagi dua, semua peralatan villa dan keperluan lainnya dan biaya operasional ditanggung oleh pemilk Villa. Tanggung Jawab terhadap resiko kerugian bagi hasil villa„s secara garis besar antara pemilik villa dengan pengelola villa adalah 50:50, semua dana yang masuk dari usaha villa dari akhir bulan dan hasilnya dibagi 50% bagi pengelola sedangkan semua peralatan dan biaya oprasional ditanggung dari modal utama atau modal awal dan apabila ada perlengkapan lainnya yang dibutuhkan maka diambil dengan modal lain-lain. Bagaimana Sistem pembagian hasil anatara pemilik dengan pengelola Inna‟s villa desa sumatera yang ada di Pekon Way Redak Kecamatan Pesisir Tengah Kabupaten Pesisir Barat dan Bagaimana Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah tentang Pembagian Hasil antara pemilik dengan pengelola Inna‟s Villa Desa Sumatera yang ada di Pekon Way Redak Kecamatan Pesisir Tengah Kabupaten Pesisir Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah tentang Pembagian Hasil Antara Pemilik dan Pengelola Inna‟s Villa Desa Sumatera yang ada di Pekon Way Redak Kecamatan Pesisir Tengah Kabupaten Pesisir Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif analisis, yaitu metode penelitian dengan cara mengumpulkan data-data sesuai dengan yang sebenarnya kemudian data-data tersebut disusun, diolah dan dianalis untuk dapat iii memberikan gambaran mengenai masalah yang ada. Pada penelitian ini terdiri dari sumber data primer berupa wawancara, dan dokumentasi. Dan juga Sumber data sekunder berupa jurnal dan buku�buku pendukung lainnya. Jumlah informan keseluruhan yakni 8 orang. Perjanjian awal bagi hasil antara pemilik dan pengelola yakni 50:50 setelah pengeluaran biaya lain-lain. Namun pada prakteknya pemilik membebankan seluruh biaya lain-lain atau kerugian kepada si pengelola. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa praktek sharing profit di Villa's Desa Sumatera tidak sesuai dengan rukun dan syarat hukum islam. Dalam konsep hukum Islam dinyatakan bahwa pengelola tidak berhak menanggung semua kerugian selama itu bukan akibat dari kelalaian si pengelola, sebaliknya, pemilik lah yang harus menanggung segala kerugiannya maka pemiliklah yang menanggung semua kerugian tersebut sesuai dengan kesepakatan awal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Dec 2023 08:11
Last Modified: 11 Dec 2023 08:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31454

Actions (login required)

View Item View Item