PEMBERDAYAAN ZAKAT INFAQ DAN SHODAQOH PRODUKTIF DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MUSTAHIQ MENURUT HUKUM ISLAM (Studi Pada Badan Amil Zakat Nasional Kota Bandar Lampung)

Qothrun, Nada Alya M (2023) PEMBERDAYAAN ZAKAT INFAQ DAN SHODAQOH PRODUKTIF DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MUSTAHIQ MENURUT HUKUM ISLAM (Studi Pada Badan Amil Zakat Nasional Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI QOTHRUN NADA ALYA M.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Zakat merupakan salah satu rukun Islam, sehingga zakat secara normative suatu kewajiban yang mutlak yang dimiliki oleh setiap muslim. Zakat, infaq dan shodaqoh yang diberikan kepada mustahiq akan berperan lebih untuk mendukung peningkatan ekonomi, dalam bentuk pemberian modal usaha bergulir, Sehingga dapat meningkatkan ekonomi para mustahiq. Dalam hal ini membuat penulis melakukan penelitian. Adapun rumusan masalah yang saya angkat meliputi, Bagaimana pemberdayaan zakat infaq dan shodaqoh produktif di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Bandar Lampung, dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap pemberdayaan zakat infaq dan shodaqoh produktif dalam meningkatkan kesejahteraan mustahiq? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemberdayaan zakat, infaq dan shodaqoh produktif dalam meningkatkan kesejahteraan mustahiq menurut hukum Islam di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Bandar Lampung. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian field research penelitian yang dilakukan dengan cara menggali data yang bersumber dari lokasi atau lapangan tempat penelitian dan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Data�data tersebut kemudian dianalisis menggunakan metode berfikir induktif yang berawal dari fakta-fakta yang khusus kemudian ditarik secara generalisasi yang mempunyai sifat umum. Sehingga hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya bantuan yang diberikan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Bandar Lampung dengan cara memberikan bantuan modal usaha bergulir kepada mustahiq dengan menggunakan akad qardhul hasan dimana para mustahiq diwajibkan untuk mengembalikan dana bantuan modal usaha tanpa adanya bunga dan dalam waktu yang telah ditentukan, sehingga bantuan yang diberikan oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) kota Bandar Lampung dengan cara memberi pinjaman modal usaha kepada mustahiq sudah sesuai dengan prinsip- iii prinsip syariah. adapun para mustahiq merasa terbantu dengan adanya bantuan modal usaha bergulir yang diberikan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Bandar Lampung. Kata Kunci : Pemberdayaan, Zakat, Infaq dan shodaqoh, Mustahiq, Hukum Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Dec 2023 08:04
Last Modified: 11 Dec 2023 08:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31453

Actions (login required)

View Item View Item