IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TIPE LEARNING TOGETHER PADA MATA PELAJARAN PAIKELAS VIII DI SMP PGRI 6 BANDAR LAMPUNG

Chozinatul, Ozza (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TIPE LEARNING TOGETHER PADA MATA PELAJARAN PAIKELAS VIII DI SMP PGRI 6 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB  5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI CHOZINATUL OZZA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran adalah suatu kegiatan pendidikan yang mewarnai interaksi yang terjadi antara guru dan anak didik. Interaksi ini dilakukan, diarahkan untuk mencapai tujuan tertentu yang telah dirumuskan sebelum kegiatan dilakukan. Salah satu model pembelajaran collaborative yang menarik yakni tipe Learning Together mudah dipahami oleh siswa, siswa juga merasa senang dan antusias selama proses pembelajaran berlangsung khususnya pada pembelajaran PAI. Pada skripsi ini digunakan pendekatan deskrptif kualitatif. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research). Dengan Lokasi penelitian ini berada di Sekolah Menengah Pertama PGRI 6 Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Implementasi Model Pembelajaran Kolaboratif Tipe Learning Together Pada Mata Pelajaran PAI Kelas VIII Di SMP PGRI 6 Bandar Lampung berjalan baik dan efektif ulai dari perencanaan, pelaksanaan hngga evaluasi sehingga menimbulkan perasaan senang dan semangat belajar serta semangat ingin tahu dari peserta didik meningkat dengan adanya kerja sama tim dan tukar pikiran antar individu dalam kelompok pembelajaran ini. lanjutkan yang sekiranya membuat perubahan positif. Kata Kunci : Implementasi, Model Pembelajaran Kolaboratif Tipe Learning Together, PAI iii ABSTRACT Learning is an educational activity that colors the interactions that occur between teachers and students. This interaction is carried out, directed to achieve certain goals that have been formulated before the activity is carried out. One of the interesting collaborative learning models, namely the Learning Together type, is easy for students to understand, students also feel happy and enthusiastic during the learning process, especially in PAI learning. In this thesis a qualitative descriptive approach is used. This research is a type of field research. The location of this research is at PGRI 6 Junior High School, Bandar Lampung City, Lampung Province. Data collection techniques use interviews, observation and documentation. Test the validity of the data using triangulation of sources and techniques. The implementation of the Collaborative Learning Model of the Learning Together Type in Class VIII PAI Subjects at SMP PGRI 6 Bandar Lampung went well and effectively starting from planning, implementation to evaluation, giving rise to feelings of joy and enthusiasm for learning as well as the curiosity of the students increasing with teamwork. and exchange ideas between individuals in this learning group. Continue what will make a positive change. Keywords: Implementation, Collaborative Learning Model Learning Together Type, PAI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Dec 2023 06:45
Last Modified: 11 Dec 2023 10:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31444

Actions (login required)

View Item View Item