PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA PESERTA DIDIK DI SMP PGRI 6 KOTA BANDAR LAMPUNG

IMAM, PRASETIYO (2023) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA PESERTA DIDIK DI SMP PGRI 6 KOTA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI KECIL IMAM.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA PESERTA DIDIK DI SMP PGRI 6 KOTA BANDAR LAMPUNG Oleh Imam Prasetiyo Keberagaman yang ada di tengah masyarakat terkadang timbul konflik diantara golongan. Pada masa sekarang ini banyak dijumpai di media sosial terkait info kekerasan. Moderasi dalam Islam disebut wasatiyyah yang mengajarkan untuk umatnya menebar keadilan, kebaikan dan toleransi terhadap setiap perbedaan. Lembaga pendidikan atau sekolah berperan penting dalam membangun moderasi beragama. Agar pemahaman siswa terhadap agama tidak sempit maka pendidikan perlu mengajarkan pengetahuan agama yang luas dan tidak persial. Pada skripsi ini digunakan pendekatan deskrptif kualitatif. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research). Lokasi penelitian ini berada di Sekolah Menengah Pertama PGRI 6 Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama peserta didik di SMP PGRI 6 Kota Bandar Lampung yakni sebagai demonstrator, pengelola kelas, mediator dan fasilitator, dan evaluator. Nilai-nilai moderasi beragama yang ditanamkan di SMP PGRI 6 Kota Bandar Lampung ialah nilai toleransi, adil, anti kekerasan, tasamuh, dan muwatanah serta halnya menjaga kemaslahatan atau ketertiban di lingkungan masyarakat atau lingkungan sekolah. Kata Kunci : Peran Guru PAI, Nilai Moderasi Beragama, Peserta Didik. iii ABSTRACT THE ROLE OF ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION TEACHERS IN IMPLEMENTING MODERATION VALUES OF STUDENTS' RELIGION AT PGRI 6 SMP SCHOOL BANDAR LAMPUNG CITY By Imam Prasetiyo The diversity that exists in society sometimes creates conflicts between groups. Nowadays, we often find information about violence on social media. Moderation in Islam is called wasatiyyah which teaches its followers to spread justice, kindness and tolerance towards all differences. Educational institutions or schools play an important role in building religious moderation. So that students' understanding of religion is not narrow, education needs to teach religious knowledge that is broad and not partial. In this thesis a qualitative descriptive approach is used. This research is a type of field research. The location of this research is at PGRI 6 Junior High School, Bandar Lampung City, Lampung Province. Data collection techniques use interviews, observation and documentation. test the validity of the data using triangulation of sources and techniques. The role of the Islamic Religious Education Teacher in instilling the values of religious moderation in students at SMP PGRI 6 Bandar Lampung City is as a demonstrator, class manager, mediator and facilitator, and evaluator. The values of religious moderation that are instilled at SMP PGRI 6 Bandar Lampung City are the values of tolerance, fairness, non-violence, tasamuh, and muwatanah as well as maintaining the benefit or order in the community or environment. Keywords : Role of PAI Teachers, Value of Religious Moderation, Students.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Dec 2023 06:34
Last Modified: 11 Dec 2023 10:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31443

Actions (login required)

View Item View Item