TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PELAKSANAAN PENARIKAN TARIF RETRIBUSI PANTAI LABUHAN JUKUNG ( Studi Di Dinas Pariwisata Kabupaten Pesisir Barat)

EKO, NANDA (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PELAKSANAAN PENARIKAN TARIF RETRIBUSI PANTAI LABUHAN JUKUNG ( Studi Di Dinas Pariwisata Kabupaten Pesisir Barat). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pendapatan Asli Daerah (PAD) adalah pendapatan yang diperoleh Daerah yang di pungut berdasarkan Peraturan Daerah sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan. Salah satu alternatifnya yaitu Retribusi Daerah yang turut memberikan sumbangsihnya terhadap pembangunan Daerah dan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah. Salah satu upayanya adalah dengan di terapkannya Retribusi tempat rekreasi dan olahraga Pantai Labuhan Jukung. Retribusi tempat rekreasi dan olahraga Labuhan Jukung adalah pembayaran atau tarikan biaya yang dikenakan kepada pengunjung saat ingin memasuki Pantai Labuhan Jukung. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana praktik penetapan tarif Retribusi tempat rekreasi dan olahraga di Pantai Labuhan Jukung krui pesisir barat dan bagaimana tinjauan hukum islam dan hukum positif tentang pelaksanaan dalam penarikan tarif Retribusi tempat rekreasi dan olahraga di Pantai Labuhan Jukung.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana praktik penetapan tarif Retribusi tempat rekreasi dan olahraga dan bagaimana menurut tinjauan Hukum Islam tentang pelaksanaan penarikan tarif Retribusi tempat rekreasi dan olahraga di Pantai Labuhan Jukung Krui Pesisir Barat. Penelitan ini termasuk penelitian lapangan (Field Reseach), dengan mengumpulkan data secara langsung melalui wawancara dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah Masyarakat Kabupaten Pesisir Barat serta pengunjung Pantai Labuhan Jukung dari luar Kabupaten Pesisisr Barat. Dengan tekhnik sampling yaitu 10% sampai 15% atau 20% sampai 25% dari jumlah populasi. Pengelolaan data dilaksanakan dilaksanakan melalui tahap editing, syistematizing kemudian data yang di peroleh akan di analisis secara kualitatif dan menggunakan pola fikir deduktif. Berdasarkan hasil penelitian di Pantai Labuhan Jukung kepada Dinas Pariwisata Kabupaten Pesisisr Barat dapat dikemukakan bahwa pelaksanaan pemungutan tarif retibusi tempat rekreasi dan olahraga Pantai Labuhan Jukung tidak dilaksanakan dengan baik. Masih saja terdapat petugas iii penarikan yang menarik biaya dengan semaunya dan melebihkan jumlah penarikan kepada pengunjung tanpa melihat Peraturan Dearah Kabupaten Pesisir Barat No 21 Tahun 2016 yang mengatur tentang tata cara pelaksanaan penarikan dan jumlah biaya yang seharusnya dikenakan kepada pengunjung. Pihak Dinas Pariwisata beralasan bahwasanya ada oknum yang tidak bertanggung jawab yang melakukan itu sementara selama di Tetapkannya Peraturan Daerah yang bertanggung jawab mengelola dan yang diberikan tugas serta jadwal adalah Dinas Pariwisata Kabupaten Pesisisr Barat. Hal itu tentunya sangat merugikan orang-orang yang berkunjung ke Pantai Labuhan Jukung. Melebihkan biaya atau tarif dari yang sudah ditentukan dalam Hukum Islam melanggar syari’at karna termasuk kedalam perbuatan Riswah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Dec 2023 03:56
Last Modified: 11 Dec 2023 03:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31438

Actions (login required)

View Item View Item