STRATEGI KOMUNIKASI TOKOH MASYARAKAT DALAM MENYIKAPI BERITA HOAX MEDIA SOSIAL DI DALAM MASYARAKAT (Studi Kasus Di Pekon Negeri Agung Kecamatan Talang Padang Kabupaten Tanggamus)

Ogi, Agung Suwandi (2023) STRATEGI KOMUNIKASI TOKOH MASYARAKAT DALAM MENYIKAPI BERITA HOAX MEDIA SOSIAL DI DALAM MASYARAKAT (Studi Kasus Di Pekon Negeri Agung Kecamatan Talang Padang Kabupaten Tanggamus). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of cover bab 1-2&dapus.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of full skripsi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Berita adalah segala laporan mengenai peristiwa, kejadian, gagasan, fakta yang menarik perhatian dan penting untuk disampaikan atau dimuat dalam media masa agar diketahui atau menjadi kesadaran umum. Hoax adalah usaha untuk menipu atau mengakali pembaca/pendengarnya untuk mempercayai sesuatu, padahal sang pencipta berita palsu tersebut tahu bahwa berita tersebut adalah palsu. Berita bohong (hoax) yang bernada provokatif, fitnah dan agitasi sangat berbahaya bila dilakukan secara teroganisir karena dapat menimbulkan dampak yang luas. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui Strategi Komunikasi Tokoh Masyarakat Dalam Menyikapi Berita Hoax Media Sosial Di Dalam Masyarakat Pekon Negeri Agung Kecamatan Talang Padang Kabupaten Tanggamus. Penelitian ini bersifat deskriptif menggunakan jenis penelitian lapangan (Field Research) sifat penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data primer dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi dengan Tokoh Masyarakat. Dan data skunder diperoleh dari buku, jurnal, karya ilmiah. Tekhnik analisis data menggunakan redaksi, display data dan penarikan kesimpulan. Kriteria yang telah ditentukan oleh informan dalam penelitian ini berjumlah 4 orang, yaitu Tokoh agama, Tokoh adat, Tokoh Pemuda 1 dan Pemuda 2 Pekon Negeri Agung. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan, Strategi komunikasi tokoh masyarakat dalam menyikapi berita hoax di media sosial didalam masyarakat yang dilatarbelakangi dari kurangnya pendidikan bagi masyarakat yang berusia lanjut, dan adanya tujuan tertentu untuk menjatuhkan dari beberapa oknum tidak bertanggung jawab. Strategi komunikasi yang digunakan tokoh masyarakat adalah komunikasi organisasi, komunikasi dua arah, dan komunikasi interpersonal. Strategi komunikasi tokoh masyarakat sangat berperan dalam iv memberikan masukan, solusi dan ide serta memberikan pemahaman pada masyarakat agar memahami berita hoax dengan bijak dengan adanya berita yang belum tahu kebenaran berita tersebut. Kata Kunci: Srategi Komunikasi, Berita Hoax, Media Sosial, Tokoh Massyarakat, Pekon Negeri Agung, Kecamatan Talangpadang.Kabupaten Taaanggamus. v ABSTRACT News is all reports regarding events, incidents, ideas, facts that attract attention and are important to be conveyed or published in the mass media so that they are known or become public awareness. Hoax is an attempt to deceive or trick the reader/listener into believing something, even though the creator of the fake news knows that the news is fake. Fake news (hoaxes) that are provocative in tone, slander and agitation are very dangerous if done in an organized manner because they can have far-reaching impacts. The purpose of this research is to find out the Communication Strategy of Community Figures in Responding to Social Media Hoax News in the Pekon Negeri Agung Community, Talang Padang District, Tanggamus Regency. This research method is descriptive using direct research (Field Research), qualitative research and descriptive analysis methods. Primary data in this research was obtained from interviews, observations and documentation with community leaders in Dusun Negeri Agung. And secondary data was obtained from books, journals, scientific works. The sampling technique used was a purposive sampling technique with criteria determined by 3 informants in this study. Religious leaders, traditional leaders, youth leaders. The results of this research can be concluded, the communication strategy of community leaders in responding to social media hoax news in society is motivated by a lack of education for older people, and the specific aim of bringing down some irresponsible individuals. The communication strategies used by community leaders are organizational communication, two-way communication, and interpersonal communication. The communication strategy of public figures plays a very important role in providing input, solutions and ideas as well as providing understanding to the public so that they understand hoax news wisely in the presence of news that does not yet know the truth of the news. Keywords: Communication Strategy, Hoax News, Social Media, Community Figures

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Dec 2023 02:33
Last Modified: 11 Dec 2023 02:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31434

Actions (login required)

View Item View Item