TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PERNIKAHAN KARENA DESAKAN USIA (Studi di Desa Lemong Kecamatan Lemong Kabupaten Pesisir Barat)

Mubes, Susanto (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PERNIKAHAN KARENA DESAKAN USIA (Studi di Desa Lemong Kecamatan Lemong Kabupaten Pesisir Barat). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK MUBES.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pernikahan dalam hukum Islam adalah suatu akad atau perikatan untuk menghalalkan hubungan kelamin antara laki-laki dan perempuan dalam rangka mewujudkan kebahagiaan hidup keluarga yang diliputi rasa cinta dan kasih sayang dengan cara yang di ridhai Allah. Pernikahan merupakan ikatan suci antara laki-laki dan perempuan, maka pernikahan dasarnya dilakukan atas niat yang kuat dan kemantapan hati terhadap pasangan untuk melaksanakan pernikahan. Namun bagaimana dengan pernikahan yang dilangsungkan karena terdesak oleh usia sehingga melaksanakan pernikahan. Apakah pernikahan yang terdesak oleh usia dewasa boleh dilakukan menurut hukum Islam dan apakah pernikahan karena desakan usia dewasa mempunyai dampak terhadap pernikahanya. Dalam masyarakat sering terjadi sebuah pernikahan karena terdesak oleh usia, seperti yang terjadi di Desa Lemong yang melangsungkan pernikahan karena desakan usia yaitu menikah dengan orang yang tidak sepenuhnya dikehendakinya atas dasar suka.. Berdasarkan uraian diatas, terdapat permasalahan dalam skripsi ini adalah. Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap pernikahan karena desakan usia dan apakah pernikahan karena desakan usia mempunyai dampak dalam pernikahannya (studi di Desa Lemong Kecamatan Lemong Kabupaten Pesisir Barat). Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui tinjauan hukum islam terhadap pernikahan karena desakan usia dan untuk mengetahui keharmonisan pernikahan karena desakan usia di Desa Lemong Kecamatan Lemong Kabupaten Pesisir Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sumber data: Primer dikumpulkan melalui interview, observasi, maupun dokumen, dan sekunder dikumpulkan melalui dokumen�dokumen resmi, buku-buku ilmiah, hasil penelitian dan karya ilmiah yang berhubungan dengan objek penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dalam skripsi ini dapat di tarik kesimpulan bahwa, pernikahan karena desakan usia sudah ada sejak dahulu di Desa Lemong Kecamatan Lemong, fenomena ini terus berlanjut dan masih ada di masyarakat sampai saat ini. Hal ini dilakukan sebagian masyarakat agar secepatnya mendapatkan pasangan hidup agar dijauhkan dari perbuatan maksiat dan omongan sanak kerabat, hal ini dilakukan untuk menjaga nilai aqidah dan nilai ibadah kepada Allah SWT, untuk itu pernikahan karena desakan usia menurut pandangan iii hukum Islam tidak bertentangan dengan syariat hukum Islam karena masih berpegang teguh pada rukun dan syarat pernikahan,dan selama tidak bertentangan dengan syariat agama Islam maka boleh dilakukan. Hal ini dilakukan bertujuan untuk kemaslahatan sesama umat Islam. Kata Kunci: Pernikahan, desakan usia, Hukum Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Dec 2023 07:41
Last Modified: 08 Dec 2023 07:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31432

Actions (login required)

View Item View Item