ETIKA RELIGIUS PERSPEKTIF IBNU HAZM AL�ANDALUSI DAN AKTUALISASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM

INDAH, FARIDAH (2023) ETIKA RELIGIUS PERSPEKTIF IBNU HAZM AL�ANDALUSI DAN AKTUALISASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI INDAH FARIDAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Manusia pada dasarnya selalu ingin mencapai kebaikan tertinggi dalam kehidupannya. Untuk mencapai tujuan tersebut manusia merumuskan cara yang ditempuh berdasarkan pengetahuan tentang potensi diri yang dimilikinya. Sebagai makhluk yang dianugerahi akal, setiap dari mereka memiliki pemikiran yang berbeda-beda. Hal ini menyebabkan pemaknaan terhadap kebaikan tertinggi atau kualitas kehidupan yang ingin dicapai pun berbeda, termasuk cara yang dirumuskan untuk memperolehnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan etika religius dalam pandangan Ibn Hazm dan aktualisasinya dalam dunia pendidikan saat ini. Penelitian ini menggunakan pendekan kualitatif dengan jenis kepustakaan (library research). Sumber data terdiri dari sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan datanya menggunakan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya dengan cara deskriptif analisis. Dengan menggunakan analisis isi (content analysis) dan analisis historis (historical approach). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, etika religius menurut Ibn Hazm didasarkan pada basis al-Qur‘an dan al-Hadits dan cenderung melepaskan kepelikan ―dialektika‖ serta memusatkan perhatian pada usaha untuk mengeluarkan spirit moralitas Islam dengan cara yang lebih langsung. Konsep-konsep etika religius Ibn Hazm mencakup tujuan etika religius, ambisi duniawi dan kesombongan diri, kebaikan utama, cara memperbaiki perilaku, cara mendapatkan ilmu dan etika di majlis ilmu. Kedua, persoalan pendidikan yang saat ini timbul disebabkan oleh adanya globalisasi dapat dihadapi dengan mendasarkan pada asas-asas etika religus yang ditawarkan oleh Ibn Hazm. Kata Kunci: Pandangan Ibnu Hazm, Etika Religius, Pendidikan Islam iv ABSTRACT Humans basically always want to achieve the highest good in their lives. To achieve this goal, humans formulate a path to take based on knowledge of their own potential. As creatures endowed with reason, each of them has different thoughts. This causes the meaning of the highest good or quality of life to be achieved to be different, including the method formulated to obtain it. This research aims to describe religious ethics in Ibn Hazm's view and its actualization in the world of education today. This research uses a qualitative approach with the type of library (library research). Data sources consist of primary and secondary data sources. The data collection technique uses documentation. Meanwhile, the data analysis is done using descriptive analysis. By using content analysis and historical analysis. The results of the research show that first, religious ethics according to Ibn Hazm is based on the basis of the Koran and al�Hadith and tends to abandon the complexity of "dialectics" and focuses on efforts to express the spirit of Islamic morality in a more direct way. Ibn Hazm's concepts of religious ethics include the goals of religious ethics, worldly ambition and self-conceit, primary goodness, how to improve behavior, how to gain knowledge and ethics in science councils. Second, the educational problems currently arising due to globalization can be faced by basing them on the principles of religious ethics offered by Ibn Hazm. Keywords: Ibn Hazm's views, Religious Ethics, Islamic Education

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Dec 2023 03:53
Last Modified: 08 Dec 2023 11:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31429

Actions (login required)

View Item View Item