HUBUNGAN AKTIVITAS KERJA KELOMPOK DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IX DI SMPN 40 BANDAR LAMPUNG

Ririen, Nuriana (2023) HUBUNGAN AKTIVITAS KERJA KELOMPOK DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IX DI SMPN 40 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI RIRIEN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Hubungan Aktivitas Kerja Kelompok dengan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IX di SMPN 40 Bandar Lampung. E-Mail: @ririennuriana0@gmail.com Ada beberapa tahapan dalam mendapatkan hasil maksimal terkait dalam faktor yang harus diperhatikan dalam hal aktifitas belajar mengajar peserta didik didalam kelas, dalam proses belajar mengajar diharapkan peserta didik yang lebih aktif bertanya, untuk lebih mencapai keberhasilan belajar mengajar tidak hanya ditentukan oleh faktor keahlian guru saja melainkan hasil yang disertai dengan kesiapan peserta didik.Dengan adanya aktivitas yang baik maka akan mendorong peserta didik untuk mendapatkan hasil yang baik didalam kelas, karena aktivitas didalam kelas sangat penting dan dapat menentukan hasil belajar peserta didik itu sendiri. Seseorang yang aktif dalam mengikuti pembelajaran, maka ia akan lebih banyak menangkap pelajaran yang disampikan oleh guru dan mampu mengembangkan pengetahuan yang didapatkannya. Tetapi kenyataannya di SMP Negeri 40 Bandar Lampung yang aktivitasnya rendah akan tetapi hasil belajarnya cukup baik. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei, yang digunakan untuk mengambil sampel dari populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data yang pokok. pengumpulan data menggunakan instrument penelitian, dengan tujuan menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Adapun peserta didik yang menjadi objek penelitian berjumlah 30 orang. Dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, angket dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data dan hasil penelitian serta pengujian hipotesis yang telah dilakukan, maka kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah “Terdapat hubungan yang signifikan antara aktivitas kerja kelompok dengan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran pendidikan agama islam kelas IX di SMPN 40 Bandar Lampung”. Berdasarkan tabel anova, diperoleh nilai F_hitung sebesar 2,139 dan F_(tabel )sebesar 4,00. Dengan tingkat signifikan (angka probabilitas) sebesar 0,000. Karena taraf iv signifikan 0,000 < 0,05 maka persamaan regresi yang dipergunakan dapat diterapkan dalam analisis data. Hal ini berarti bahwa variabel aktivitas kerja kelompok memiliki hubungan yang signifikan dengan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci : Hubungan Aktivitas Kerja Kelompok,Hasil Belajar Peserta Didik v ABSTRACT The Relationship between Group Work Activities and Student Learning Outcomes in Class IX Islamic Religious Education Subjects at SMPN 40 Bandar Lampung. E-Mail: @ririennuriana0@gmail.com There are several stages in getting maximum results related to factors that must be considered in terms of students' teaching and learning activities in the classroom. In the teaching and learning process, it is hoped that students will be more active in asking questions, to achieve more success in teaching and learning, it is not only determined by the teacher's expertise but also results accompanied by student readiness. Having good activities will encourage students to get good results in the classroom, because activities in the classroom are very important and can determine the learning outcomes of the students themselves. Someone who is active in participating in learning will understand more of the lessons taught by the teacher and be able to develop the knowledge they gain. But in reality at SMP Negeri 40 Bandar Lampung the activity is low but the learning outcomes are quite good. This research is included in quantitative research using survey methods, which are used to take samples from the population and use questionnaires as the main data collection tool. Data collection uses research instruments, with the aim of testing predetermined hypotheses. There were 30 students who were the research objects. With data collection techniques through interviews, questionnaires and documentation. Based on data analysis and research results as well as hypothesis testing that has been carried out, the conclusion that can be drawn in this research is "There is a significant relationship between group work activities and student learning outcomes in class IX Islamic religious education subjects at SMPN 40 Bandar Lampung" . Based on the anova table, the calculated F_value is 2.139 and F_(table) is 4.00. With a significance level (probability number) of 0.000. Because the significance level is 0.000 < 0.05, the regression equation used can be applied in data analysis. This means vi that the group work activity variable has a significant relationship with student learning outcomes. Keywords: Relationship between group work activities, student learning outcomes

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Dec 2023 03:30
Last Modified: 08 Dec 2023 10:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31427

Actions (login required)

View Item View Item