MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK USIA DINI MELALUI METODE PEMBIASAAN DI TK AL�KHOIRIYAH KARANG KEMIRI KABUPATEN OKU TIMUR

Dayra, Fitrarinda (2023) MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK USIA DINI MELALUI METODE PEMBIASAAN DI TK AL�KHOIRIYAH KARANG KEMIRI KABUPATEN OKU TIMUR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi daira 12.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of skripsi daira fixx.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kecerdasan spiritual merupakan bagaimana manusia dapat berhubungan dengan sang pencipta. Dengan kata lain kecerdasan spiritual merupakan kemampuan manusia untuk mengenali potensi fitrah dalam dirinya serta berada merasa dalam pengawasan Tuhannya. Program stimulasi untuk mengembangkan kecerdasan spiritual pada anak usia dini dapat dilakukan melalui program pembiasaan agar anak-anak benar-benar dapat menginternalisasi suatu kegiatan melalui kegiatan spontan berupa pengawasan terhadap prilaku anak sehari-hari, dan melalui pemberian penguatan, dan penghargaan untuk memotivasi anak dalam melakukan berbagai kegiatan keagamaan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kecedasan spiritual anak usia dini melalui metode pembiasaan di TK Al-Khoiriyah Karang Kemiri. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan model Kemmis dan Mc Tanggart. Pada penelitian ini terdapat II siklus, setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 13 anak, yang terdiri dari 8 laki-laki dan 5 perempuan. Teknik pengumpulan data yang peneliti pakai adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas (PTK) tentang meningkatkan kecerdasan spiritual anak usia dini melalui metode pembiasaan di TK Al-Khoiriyah Karang Kemiri Kabupaten OKU Timur dapat disimpulkan bahwa kecerdasan spiritual anak pada pra siklus anak yang belum berkembang sangat baik (BSB) belum ada, setelah dilakukannya tindakan pada siklus I anak yang berkembang sangat baik (BSB) masih belum ada. Oleh karena itu dilanjutkan kembali tindakan pada siklus II anak yang berkembang sangat baik (BSB) terdapat 11 anak (84,61%). Dengan demikian kecerdasan spiritual dapat ditingkatkan melalui metode pembiasaan. Kata Kunci: Metode Pembiasaan, Kecerdasan Spiritual, Anak Usia Dini \ iv ABSTRACT Spiritual intelligence is how humans can connect with the creator. In other words, spiritual intelligence is the human ability to recognize the natural potential within himself and feel under the supervision of God. Stimulation programs to develop spiritual intelligence in early childhood can be carried out through habituation programs so that children can really internalize an activity through spontaneous activities in the form of monitoring children's daily behavior, and through providing reinforcement and rewards to motivate children to do it. various religious activities in daily life. The aim of this research is to determine the increase in spiritual intelligence of young children through the habituation method at Al-Khoiriyah Karang Kemiri Kindergarten. This Research is classroom action research (PTK) which uses the Kemmis and Mc Tanggart model. In this research there are two cycles, each cycle consisting of 3 meetings with qualitative descriptive research. The subjects of this research were 13 children, consisting of 8 boys and 5 girls. The data collection techniques that researchers use are observation, documentation and inteviews. Based on the results of classroom action research (PTK) on increasing the spiritual intelligence of early childhood children through the habituation method at Al-Khoiriyah Karang Kemiri kindergarten, East OKU regency, it can be concluded that the spiritual intelligence of children in the pre-cycle of children who have not yet developed very well (BSB) does not yet exixt, after there is still no action taken in cycle I for children who are developing very well (BSB). Therefore, action was continued in cycle II for children who developed very well (BSB), there werw 11 children (84,61%). Thus spiritual intelligence can be increased through the habituation method. Keywods: Habituation Method, Spiritual Intelligence, Early Childhood

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Dec 2023 03:26
Last Modified: 08 Dec 2023 10:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31425

Actions (login required)

View Item View Item