PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SPONTANEUS GROUP DISCUSSION (SGD) TERHADAP KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI KECERDASAN MAJEMUK PESERTA DIDIK

ELSA, SAFITRI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SPONTANEUS GROUP DISCUSSION (SGD) TERHADAP KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI KECERDASAN MAJEMUK PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi ElSA SAFITRI BAB 1 & 5.pdf] PDF
Download (12MB)
[thumbnail of Skripsi ElSA SAFITRI full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Model Pembelajaran Spontaneous Group Discussion (SGD) telah dilakukan oleh beberapa penelitian terdahulu tetapi belum ada yang mengukur tingkat kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari kecerdasan majemuk peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti Pengaruh Model Pembelajaran Spontaneous Group Discussion (SGD) Terhadap Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Kecerdasan Majemuk Peserta Didik. Jenis penelitian ini yaitu Quasi Eksperimental Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes dan angket. Teknik analisis data yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji Anova Dua Arah. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa ditolak, karena taraf signifikasi pada model sebesar 0,033 0,05 sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model SGD terhadap komunikasi matematis. ditolak, karena taraf signifikasi pada kategori dalam hal ini kecerdasan majemuk sebesar 0,032 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh komunikasi matematis terhadap kecerdasan majemuk, yaitu verbal-linguistik, logis-matematis, visual-spasial, dan interpersonal. diterima, karena taraf signifikasi menunjukkan interaksi sebesar 0,811 0,05 sehingga disimpulkan bahwa tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran (kelas) dan kecerdasan majemuk terhadap komunikasi matematis peserta didik. Kata kunci: Model Pembelajaran Spontaneous Group Discussion (SGD), Kemampuan Komunikasi Matematis, Kecerdasan Majemuk. ABSTRACT The Spontaneous Group Discussion (SGD) Learning Model has been carried out by several previous studies but no one has measured the level of mathematical communication skills in terms of the multiple intelligences of students. This research aims to examine the influence of the Spontaneous Group Discussion (SGD) Learning Model on Mathematical Communication abilities in terms of Intelligence. Compound Learners. This type of research is Quasi Experimental Design. Data collection techniques in this research are tests and questionnaires. Data analysis techniques are normality test, homogeneity test, and Two-Way Anova test. Based on the research results, it can be concluded that is rejected, because the significance level in the model is 0.033 < 0.05, so it can be concluded that there is an influence of the SGD model on mathematical communication. is rejected, because the significance level in the category, in this case multiple intelligence, is 0.032 <0.05, so it can be concluded that there is an influence of mathematical communication on multiple intelligence, namely verbal-linguistic, logical�mathematical, visual-spatial and interpersonal. is accepted, because the significance level shows an interaction of 0.811 > 0.05, so it is concluded that there is no interaction between the learning model (class) and multiple intelligences on students' mathematical communication. Keywords: Spontaneous Group Discussion (SGD) Learning Model, Mathematical Communication Skills, Multiple Intelligences

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Dec 2023 02:22
Last Modified: 08 Dec 2023 11:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31420

Actions (login required)

View Item View Item