PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KVISOFT PADA MATERI EKOSISTEM UNTUK MEMBERDAYAKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGANPESERTA DIDIKKELAS X SMA

Munawaroh, Hayatun (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KVISOFT PADA MATERI EKOSISTEM UNTUK MEMBERDAYAKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGANPESERTA DIDIKKELAS X SMA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (4MB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi berpengaruh terhadap kemajuan inovasi media pembelajaran. Media pembelajaran yang biasa digunakan berupa slide power point yang bersifat informatif sama seperti buku cetak sehingga membuat peserta didik bosan mengakibatkan kesulitan dalam belajar. Tersedia laboratorium komputer yang baik namun hanya digunakan untuk UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer). Sikap peduli lingkungan perserta didik belum dikembangkan secara maksimal sehingga salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan adalah media pembelajaran berbasis kvisoft pada materi ekosistem untuk memberdayakan sikap peduli lingkungan peserta didik kelas X SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitian ini menggunakan penelitian Borg & Gall yang telah dimodifikasi dengan 7 tahapan yaitu : (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan penelitian, (3) pengembangan produk, (4) validasi dan uji coba produk, (5) revisi hasil uji lapangan terbatas, (6) uji coba secara lebih luas, (7) revisi hasil uji coba lapangann lebih luas. Menggunakan alat pengumpul data berupa : (1) Angket ahli media (2) angket ahli materi (3) angket ahli bahasa (4) angket respon guru biologi (5) angket respon peserta didik (6) wawancara (7) dokumentasi. Hasil penelitian tentang pengembangan media pembelajaran berbasis kvisoft pada materi ekosistem untuk memberdayakan sikap peduli lingkungan peserta didik kelas X SMA adalah sangat layak dengan persentase 90,91% oleh ahli media, 91% oleh ahli bahasa 78,75% oleh ahli materi. Sedangkan kelayakannya diperoleh 86,88% oleh guru dan 92% oleh peserta didik. Adapun karakteristik dari media adalah (1) Media pembelajaran mudah digunakan, (2) Media pembelajaran berbasis kvisoft menarik dan dan membantu memahami materi, (3) Media pembelajaran dapat membantu peserta didik untuk belajar secara aktif dan mandiri, (4) Media pembelajaran berbasis kvisoft dapat memberdayakan sikap peduli lingkungan peserta didik. Berdasarkan skala sikap peduli lingkungan didapatkan peningkatan persentase dari 68% sebelum menggunakan media pembelajaran menjadi 71% sehingga media dikatakan layak. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis kvisoft dapat digunakan untuk memberdayakan sikap peduli lingkungan peserta didik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Drs Elzondry Azly
Date Deposited: 06 Feb 2018 03:50
Last Modified: 06 Feb 2018 03:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3142

Actions (login required)

View Item View Item