ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK SDN 5 SIMPANG PEMATANG

DEBY, PRIMADYA (2023) ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK SDN 5 SIMPANG PEMATANG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI DEBY PRIMADYA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

ABSTRAK Keaktifan belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada peserta didik SDN 5 Simpang Pematang masih rendah sehingga menyebabkan hasil belajar peserta didik juga rendah, hal ini disebabkan karena masih kurangnya variasi dalam pembelajaran. Oleh karena itu diperlukan model pembelajaran yang menerapkan keaktifan siswa salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran giving question and getting answer karena pada model pembelajaran ini peserta didik belajar secara berkelompok dalam penyelesaiannya selain itu juga dapat menimbulkan interaksi antar peserta didik dalam menyelesaikannya. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah “Apakah penerapan model pembelajaran giving question and getting answer dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa pada mata pelajaran IPA peserta didik kelasV?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran giving question and getting answer dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa pada mata pelajaran IPA peserta didik kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif fokusnya adalah penggambaran secara menyeluruh tentang bentuk, fungsi dan ungkapan larangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil yang diperoleh selama pelaksanaan penelitian analisis, dapat dijelaskan bahwa: terdapat faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran Giving Question and Getting Answer. Salah satu faktor yang dapat mendukung yaitu pendidik yang kreatif dalam mengajar sehingga membuat peserta didik tidak mudah bosan, peserta didik yang aktif dalam proses pembelajaran sehingga dapat menghidupkan kegiatan belajar mengajar. Adapun faktor yang menghambat mutu pembelajaran IPA di SDN 5 Simpang Pematang yaitu kurangnya pendidik untuk mata pelajaran seni budaya dan keterampilan, serta kurangnya ruangan khusus untuk praktik yang memiliki kedap suara agar tidak mengganggu peserta didik lain yang sedang belajar. Kata Kunci : Giving Question, Getting Answer, Keaktifan. iii ABSTRACT The activeness of learning Natural Sciences among students at SDN 5 Simpang Pematang is still low, causing student learning outcomes to also be low, this is due to the lack of variety in learning. Therefore, a learning model is needed that applies student activity, one of which is using the giving question and getting answer learning model because in this learning model students learn in groups in solving it, besides that it can also create interaction between students in solving it. The formulation of the problem in this thesis is "Can the application of the giving question and getting answer learning model improve learning outcomes and student activity in science subjects for class V students? The aim of this research is to find out whether using the giving question and getting answer learning model can improve learning outcomes and student activity in science subjects for class V students. This type of research is qualitative descriptive research, the focus is a comprehensive description of the form, function and expression of prohibitions. Data collection techniques in this research are observation, interviews and documentation. Based on the results obtained during the analysis research, it can be explained that: there are supporting and inhibiting factors in learning Giving Questions and Getting Answers. One factor that can support this is educators who are creative in teaching so that students do not get bored easily, students who are active in the learning process so that they can enliven teaching and learning activities. The factors that hinder the quality of science learning at SDN 5 Simpang Pematang are the lack of educators for arts, culture and skills subjects, as well as the lack of special rooms for practice that are soundproof so as not to disturb other students who are studying. Keywords: Giving Questions, Getting Answers, Activeness.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Dec 2023 07:29
Last Modified: 07 Dec 2023 08:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31416

Actions (login required)

View Item View Item