MANAJEMEN PEMASARAN BIRO PAKEM TOURS TRAVEL HAJI DAN UMRAH DI KECAMATAN RAJABASA KOTA BANDAR LAMPUNG

Aripah, Rodiyatus Salsabila Putri (2023) MANAJEMEN PEMASARAN BIRO PAKEM TOURS TRAVEL HAJI DAN UMRAH DI KECAMATAN RAJABASA KOTA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI ARIPAH RODIYATUS SALSABILA PUTRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pokok permasalahan penelitian ini adalah Bagaimana manajemen pemasaran Biro Pakem. Dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam proses pemasaran kepada jamaah Umrah Biro Pakem. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan manajemen, metode pengumpulan data melalui riset lapangan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi dengan dukungan wawancara. Teknik pengelolaan dan analisis data dilakukan melalui empat tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, analisi perbandingan, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pemasaran Biro Pakem memiliki manajemen pemasaran yaitu dengan cara menawarkan produk kepada para jamaah. Namun juga memiliki kelemahan yaitu belum bisa membuka kantor cabang di berbagai Indonesia. Proses promosi dilakukan dengan cara membagikan brosur, kemudian melalui sosial media. Lokasi Biro Pakem di jalan ZA. Pagar Alam No. 1 Rajabasa yang merupakan lokasi sangat strategis dan mempermudah jamaah mengakses lokasi tersebut. Kata Kunci: Manajemen, Pemasaran, Jama’ah Haji dan Umrah iii ABSTRACT The main problem of this research is how is the marketing management of Pakem Bureau. And what are the supporting and inhibiting factors in the marketing process to Umrah pilgrims at the Pakem Bureau. This type of research is qualitative research with a research approach used is a management approach, data collection methods through field research in the form of observation, interviews and documentation with interview support. Data management and analysis techniques were carried out through four stages, namely data reduction, data presentation, comparative analysis, and drawing conclusions. The results of this study indicate that the marketing management of Pakem Bureau has marketing management, namely by offering products to the congregation. But it also has a weakness, namely not being able to open branch offices in various Indonesia. The promotion process is carried out by distributing brochures, then through social media. The Pakem Bureau is located on Jalan ZA. Pagar Alam No. 1 Rajabasa which is a very strategic location and makes it easier for pilgrims to access that location Keywords: Management, Marketing, Pilgrims of Hajj and Umrah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Dec 2023 04:25
Last Modified: 07 Dec 2023 04:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31407

Actions (login required)

View Item View Item