STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN AMANAH DALAM MENARIK MINAT NASABAH PADA CABANG PEGADAIAN SYARIAH RADIN INTAN BANDAR LAMPUNG

Widia, Agustina (2023) STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN AMANAH DALAM MENARIK MINAT NASABAH PADA CABANG PEGADAIAN SYARIAH RADIN INTAN BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI WIDIA AGUSTINA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Strategi pemasaran adalah rencana perusahaan atau organisasi dalam mencapai target penjualan dan agar pemasaran dapat terarah sehingga dapat memperoleh hasil yang optimal. Strategi pemasaran adalah kumpulan petunjuk dan kebijakan yang digunakan secara efektif untuk mencocokkan program pemasaran dengan peluang pasar sasaran guna mencapai sasaran utama. Setiap perusahaan atau organisasi membutuhkan strategi pemasaran agar dapat bersaing dengan perusahaan atau organisasi yang sejenis. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif artinya penelitian yang menggunakan metode kualitatif sebagaimana prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif yang menggambarkan objek penelitian. sumber data yang diperoleh yaitu berupa data primer yang diperoleh langsung dari karyawan/staf Pegadaian Syariah Cabang Radin Intan. Data sekunder diperoleh dari literatur, kepustakaan, buku, dan jurnal. Tenik pengumpulan data melalui penelitian lapangan (field research) dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan kesimpulan (conclusion). Hasil dari penelitian ini mengemukakan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan Cabang Pegadaian Syariah Radin Intan menerapkan bauran pemasaran dengan 7P, meliputi strategi produk (product), strategi harga (price), strategi lokasi (place), strategi promosi (promotion), strategi orang (people), strategi proses (process), dan bukti fisik (physical evidence), ini terbukti dapat meningkatkan jumlah nasabah produk pembiayaan Amanah naik dua kali lipat dari tahun sebelumnya yang berjumlah 6 nasabah naik menjadi 15 nasabah. iii ABSTRACT Marketing strategy is a company or organization's plan to achieve sales targets and so that marketing can be directed so that it can obtain optimal results. A marketing strategy is a collection of guidelines and policies used effectively to match marketing programs with target market opportunities in order to achieve key goals. Every company or organization needs a marketing strategy to be able to compete with similar companies or organizations. This research is qualitative research which is descriptive, meaning research that uses qualitative methods as well as research procedures that produce descriptive data that describes the research object. The source of the data obtained is primary data obtained directly from employees/staff of the Radin Intan Branch Sharia Pawnshop. Secondary data was obtained from literature, libraries, books and journals. Data collection techniques through field research with interviews, observation and documentation. Data analysis uses data reduction, data presentation, and conclusions. The results of this research show that the marketing strategy carried out by the Pegadaian Syariah Radin Intan Branch implements a marketing mix with 7Ps, including product strategy, price strategy, location strategy, promotion strategy, people strategy, process strategy and physical evidence. This has been proven to increase the number of customers Amanah's financing products doubled from the previous year from 6 customers to 15 customers.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Dec 2023 04:20
Last Modified: 07 Dec 2023 04:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31406

Actions (login required)

View Item View Item