TINJAUAN FIKIH SIYASAH DALAM IMPLEMENTASI PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 22 TAHUN 2021 TENTANG PENYELENGGARAAN PERLINDUNGAN DAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP (Studi di Institut Teknologi Sumatera)

NOVA, RISNA THOIBAH (2023) TINJAUAN FIKIH SIYASAH DALAM IMPLEMENTASI PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 22 TAHUN 2021 TENTANG PENYELENGGARAAN PERLINDUNGAN DAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP (Studi di Institut Teknologi Sumatera). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK NOVA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup adalah upaya sistematis dan terpadu yang dilakukan untuk melestarikan fungsi lingkungan hidup. Upaya pelestarian lingkungan hidup wajib bagi setiap warga negara, tanpa terkecuali. Maka dari itu dibentuklah aturan-aturan tentang lingkungan hidup termasuk Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup yang mana wajib dilaksanakan bagi seluruh warga Indonesia. Rumusan dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup di Institut Teknologi Sumatera dan bagaimana tinjauan fiqh siyasah tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup Institut Teknologi Sumatera. Jenis dan metode penelitian ini tergolong penelitian lapangan (Field research). penelitian ini bersifat deskriptif analisis metode penelitian yang berusaha menggambarkan objek atau subjek yang diteliti secara objektif, dan bertujuan menggambarkan secara sistematis, fakta dan karakteristik objek serta frekuensi yang diteliti secara tepat. Serta menguraikan data yang bersumber dari data primer melalui wawancara, dokumentasi, dan Pustaka. Dan sumber-sumber hukum islam. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Peraturan Pemerintah Republik Indonesia pasal 4 Nomor 22 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup sudah dilaksanakan dengan salah satunya yakni AMDAL (Analisis Dampak Lingkungan). Dokumen AMDAL wajib disusun jika kegiatan/usaha termasuk dalam daftar wajib AMDAL (wajib karena berdampak lingkungan besar). Terutama terlaksananya kerjasama dan bantuan IPAL dari program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk menanggulangi masalah lewat pengelolaan kualitas air, pengelolaan air limbah, akses air bersih, serta peran masyarakat. 2) Dari tinjauan fikih siyasah tanfidziyah terkait Peraturan Pemerintah Republik Indonesia pasal 4 Nomor 22 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup di Insitut Teknologi Sumatera. Dalam pelaksanaannya sudah berjalan dengan baik tidak ada yang iii menyimpang dari semangat nilai-nilai ajaran Islam yang mengajarkan pentingnya menjaga lingkungan hidup. ITERA sebagai kampus percontohan diharapkan menjadi inspirasi bagi kampus lain dan lingkungan sekitar dalam mengelola air limbah. Tujuannya sangatlah mulia untuk menanggulangi pencemaran air limbah agar tidak mencemari lingkungan sekitarnya. Hal tersebut sejalan dengan fikih siyasah demi tercapainya kemaslahatan bagi umat manusia itu sendiri. Kata Kunci: Insitut Teknologi Sumatera, Fiqh Siyasah, Perlindungan dan Perlindungan Dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Dec 2023 04:03
Last Modified: 07 Dec 2023 04:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31405

Actions (login required)

View Item View Item