PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBENTUK MODUL PADA MATERI LINGKARAN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) BERNUANSA ISLAM DAN LINGKUNGAN

INDAH, YUNITASARI (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBENTUK MODUL PADA MATERI LINGKARAN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) BERNUANSA ISLAM DAN LINGKUNGAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB I DAN II.pdf] PDF
Download (16MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK INDAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan dilakukan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan sebuah bahan ajar yang berbentuk modul matematika dengan menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik indonesia (PMRI) bernuansa islam dan lingkungan pada pokok bahasan lingkaran kelas VIII SMP/MTs yang mampu menjadi solusi permasalahan peserta didik terhadap materi lingkaran serta dapat menambah wawasan keterkaitan antara materi dengan unsur�unsur islan dam lingkungan serta untuk mengetahui apakah modul pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik indonesia (PMRI) bernuansa islam dan lingkungan pada pokok bahasan lingkaran Kelas VIII SMP/MTS yang dikembangkan valid, menarik ataupun efektif. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) fokus pada pengembangan modul pembelajaran matematika menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap utama, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Subyek dalam penelitian dan pengembangan ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 3 Way tenong dan kelas VIII MTs Miftahul Huda Way Tenong. Modul ini diuji oleh validasi yang berjumlah tujuh validator ahli yaitu validator agama, validator media dan validator materi dan diuji kemenarikannya melalui angket tanggapan peserta didik yang disusun sebanyak 10 pernyataan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kevalidan modul diperoleh dari penilaian validator dengan rata-rata persentase 87% dengan kategori sangat valid. Sedangkan hasil kemenarikan modul diperoleh dari tanggapan peserta didik yang memperoleh rata-rata nilai 3,95 dengan kategori sangat menarik, sehingga modul menarik dan baik untuk digunakan. Kata Kunci : Pengembangan Modul, Pendekatan PMRI Bernuansa Islam dan Lingkungan, Lingkaran. iii ABSTRACT The purpose of this research and development is to produce a teaching material in the form of a mathematics module using an Indonesian realistic mathematics education (PMRI) approach with Islamic and environmental nuances on the subject of the class VIII SMP / MTs circle which is able to be a solution to students' problems with circle material and can add insight into the relationship between the material and elements of the environment and to find out whether the module Mathematics learning using the Indonesian Realistic Mathematics Education (PMRI) approach with Islamic nuances and the environment on the subject of the Class VIII Junior High School / MTS circle which is developed is valid, interesting or effective. This type of research is Research and Development (R&D) focusing on developing mathematics learning modules using the ADDIE model which consists of 5 main stages, namely Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. The subjects in this research and development are students of grade VIII SMPN 3 Way Tenong and grade VIII MTs Miftahul Huda Way Tenong. This module was tested by validation of seven expert validators, namely religious validators, media validators and material validators and tested for attractiveness through a questionnaire of student responses compiled by 10 statements. The results of this study show that the validity of the module is obtained from the assessment of validators with an average percentage of 87% with a very valid category. While the results of module attractiveness are obtained from the responses of students who obtain an average value of 3.95 with a very interesting category, so that the module is interesting and good to use. Keywords : Module Development, PMRI Approach with Islamic and Environmental Nuances, Circle.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Dec 2023 03:17
Last Modified: 07 Dec 2023 08:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31402

Actions (login required)

View Item View Item