PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE BERBANTUAN POSTER COMMENT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII MTS AL-HIDAYAH SRI KUNCORO TANGGAMUS TAHUN AJARAN 2016/2017

Saputri, Syarofa Dwi (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE BERBANTUAN POSTER COMMENT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII MTS AL-HIDAYAH SRI KUNCORO TANGGAMUS TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

Pemahaman konsep matematis merupakan satu hal yang penting dalam matematika, sebab salah satu karekteristik matematika mempunyai obyek yang bersifat abstrak yang dapat menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam memahami sebuah konsep. Siswa akan lebih mudah menyelesaikan soal matematika apabila terlebih dahulu mereka dapat memahami konsepnya. Selain itu pemahaman konsep yang baik dan benar akan membuat siswa lebih mudah mengingat sebuah materi yang diajarkan oleh guru tanpa harus menghafal rumus. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasy Experimental Design, populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VII MTs Al-Hidayah Sri Kuncoro Tanggamus Tahun Ajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik acak kelas dimana kelas VII A sebagai kelas eksperimen 1, kelas VII B sebagai kelas eksperimen 2, kelas VII C sebagai kelas eksperimen 3 dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data adalah dengan uji validitas dan reliabilitas. Pengujian analisis data dilakukan dengan metode Lilifors untuk uji normalitas dan uji barlett untuk uji homogenitas. Teknik analisis data adalah dengan uji anava satu jalur. Berdasarkan hasil uji normalitas dengan menggunakan uji Lilifors dan uji homogenitas dengan uji barlett, diperoleh bahwa data hasil tes dari keempat kelompok tersebut normal dan homogen sehingga untuk pengujian hipotesis dapat digunakan uji anava satu jalur. Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Example Non Example berbantuan Poster Comment terhadap pemahaman konsep matematis, model pembelajaran Example Non Example berbantuan Poster Comment lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional berbantuan Poster Comment dan model pembelajaran Example Non Example berbantuan Poster Comment lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 06 Feb 2018 02:20
Last Modified: 06 Feb 2018 02:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3140

Actions (login required)

View Item View Item