PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MELALUI PENERAPAN STRATEGI JIGSAW LEARNING PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 1 GUNUNG TIGA KECAMATAN ULU BELU KABUPATEN TANGGAMUS TAHUN AJARAN 2016-2017

Istiqomah, Yeni (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MELALUI PENERAPAN STRATEGI JIGSAW LEARNING PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 1 GUNUNG TIGA KECAMATAN ULU BELU KABUPATEN TANGGAMUS TAHUN AJARAN 2016-2017. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (12MB) | Preview

Abstract

Dalam pembelajaran IPS kelas IV SDN I Gunung Tiga Kecamatan Ulu Belu Kabupaten Tanggamus. Guru selama ini menjelaskan pembelajaran menggunakan strategi pempelajaran langsung (direct instruction). Belum pernah menggunakan strategi jigsaw learning, kurangnya guru memanfaatkan strategi pembelajaran dikelas berpengaruh kepada hasil belajar peserta didik, dari 24 peserta didik yang tuntas 5 peserta didik (20,8%) dan yang tidak tuntas 19 peserta didik (79,2%). Dengan kondisi diatas memotivasi peneliti untuk mencari solusi dengan menerapkan strategi jigsaw learning, adapun rumusan masalah yang di ajukan adalah “ Apakah peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dapat di tingkatkan melalui penerapan Strategi Jigsaw Learning peserta didik kelas IV SDN I Gunung Tiga Kecamatan Ulu Belu Kabupaten Tanggamus?” Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. yang tahapannya meliputi : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Sabjek penelitian ini adalah Peserta didik kelas IV SDN I Gunung Tiga Kecamatan Ulu Belu Kabupaten Tanggamus. adapun tujuan penelitian ini agar guru dapat menerapkan strategi yang bervariasi seperti strategi jigsaw learning yang mana pembelajarannya membuat peserta didik senang dalam belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi/pengamatan, tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan. bahwa sebelum digunakan strategi jigsaw learning hasil belajar peserta didik kelas IV SDN I Gunung Tiga Kecamatan Ulu Belu Kabupaten Tanggamus yang tuntas 5 peserta didik (20,8%) sedangkan yang tidak tuntas 19 peserta didik (79,2%). Setelah menggunakan strategi jigsaw learning ada peningkatan dari Siklus I pertemuan II terlihat ada 15 peserta didik yang tuntasan (62,5%) sedangkan yang belum mencapai ketuntasan 9 peserta didik (29,16%), Siklus II hasil belajar peserta didik yang tuntasan 20 peserta didik (83,33%). sedangkan yang belum tuntas 4 peserta didik (16,66 %). Dengan demikian terjadi peningkatan 5 peserta didik yang tuntas (20,8%) sampai dengan 20 peserta didik yang mencapai ketuntasan (83,33%) jadi keseluruhan peserta didik yang mencapai ketuntasan 15 pserta didik (62,5%). ke simpulkan bahwa peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran IPS dapat di tingkatkan melalui penerapan Strategi Jigsaw Learning peserta didik kelas IV SDN I Gunung Tiga Kecamatan Ulu Belu Kabupaten Tanggamus Tahun 2016-2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 08 Mar 2017 07:46
Last Modified: 08 Mar 2017 07:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/314

Actions (login required)

View Item View Item