PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) MELALUI PEMBUATAN AWETAN BIOPLASTIK TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 12 BANDAR LAMPUNG PADA MATERI KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP (Quasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas VII Semester Ganjil di SMP Negeri 12 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018)

Nafisah, Inas (2018) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) MELALUI PEMBUATAN AWETAN BIOPLASTIK TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 12 BANDAR LAMPUNG PADA MATERI KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP (Quasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas VII Semester Ganjil di SMP Negeri 12 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_FIX.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

Keterampilan berpikir kreatif merupakan salah satu tuntutan hasil belajar yang harus dimiliki peserta didik. Berdasarkan hasil observasi dengan guru Ilmu Pengetahuan Alam di SMP Negeri 12 Bandar Lampung, keterampilan berpikir kreatif peserta didik belum dikembangkan secara maksimal. Hal ini karena pembelajaran di sekolah masih berfokus pada penerimaan pengetahuan, ingatan dan penalaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kreatif adalah dengan model project based learning (PjBL) melalui pembuatan awetan bioplastik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PjBL melalui pembuatan awetan bioplastik terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik kelas VII pada materi keanekaragaman makhluk hidup. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain penelitian the matching-only posttestonly control group design. Penelitian ini diterapkan pada peserta didik kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini yaitu, ada pengaruh model PjBL melalui pembuatan awetan bioplastik terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik kelas VII pada materi keanekaragaman makhluk hidup (nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 64,19 berkategori sedang dan kelas kontrol sebesar 44,85 berkategori rendah). Dengan demikian model PjBL melalui pembuatan awetan bioplastik dapat digunakan oleh guru di sekolah sebagai alternatif pembelajaran untuk mengembangkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Kata Kunci : Awetan Bioplastik, Keterampilan Berpikir Kreatif, Keanekaragaman Makhluk Hidup, Model PjBL.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Feb 2018 06:41
Last Modified: 05 Feb 2018 06:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3139

Actions (login required)

View Item View Item