PENERAPAN SOLUTION FOCUSED BRIEF COUNSELING (SFBC) UNTUK MENINGKATKAN SELF-ESTEEM PADA SISWA DARI KELUARGA BROKEN HOME DI SMA NEGERI 1 SIMPANG PEMATANG KABUPATEN MESUJI

Maya, Sapta Liana (2023) PENERAPAN SOLUTION FOCUSED BRIEF COUNSELING (SFBC) UNTUK MENINGKATKAN SELF-ESTEEM PADA SISWA DARI KELUARGA BROKEN HOME DI SMA NEGERI 1 SIMPANG PEMATANG KABUPATEN MESUJI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI Maya Sapta Liana.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Remaja yang mengalami self-esteem rendah mempunyai penilaian negative terhadap diri sendiri, menilai bahwa dirinya tidak berharga, serta menarik diri dari lingkungan. Namun, malalui pendekatan ini membantu remaja untuk mengkontruksikan solusi bagi dirinya agar dapat meningkatkan self-esteem atau harga dirinya pendekatan SFBC mengajak remaja untuk mengubah pandangan negative tentang dirinya agar menjadi lebih posisif terhadap dirinya dan masa depannya bukan terpaku pada masa lalunya. Memahami potensi terhadap diri remaja dengan demikian self-esteem remaja dapat meningkatkan self-esteem terhadap siswa dari keluarga broken home di SMA Negeri 1 Simpang Pematang Kabupaten Mesuji. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), pendekatan yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan sifat deskriptif yaitu menggambarkan secara lengkap dengan data yang diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah 1 wali kelas XI, 1 guru bimbingandan konseling dan 4 remaja, sumber data sekunder diperoleh dari buku, jurnal dan hasil penelitian relevan yang terdahulu. Teknik anaslisis data dalam penelitian ini menggunakan teori Miles Huberman & A. Michael yaitu, reduksi data, display data, verifikasi dan penegasan kesimpulan. Hasil dari penelitian terdapat lima tahapan dalam penerapan solution focused brief counseling, diantaranya: 1) Tahap Pembinaan Hubungan, yaitu puntuk menjalin hubungan baik antara guru bimbingan dan konseling dan siswa, 2) Tahap Identifikasi Masalah yaitu guru bimbingan dan konseling memberikan fasilitas untuk mengembangan siswa, 3) Tahap Penetapan Tujuan, yaitu untuk mengubah pola piker tentang situasi masalah yang dihadapi oleh siswa, 4) Tahapan Merancang dan Melaksanakan Intervensi, yaitu untuk menghambat pola perilaku siswa dengan melalukan alternative untuk mengaksikan masalah yang dihadapi oleh siswa , dan 5) Tahap Terminasi, Evaluasi dan Tindak Lanjut, yaitu guru bimbingan dan konseling memberikan kesempatan agar siswa mengaplikasikan keterampilan untuk pemecahan masalah yang dihadapi oleh siswa. Kata kunci : Self-Esteem, Solution Focused Brief Counseling iv ABSTRACT Adolescents who experience low self-esteem have a negative assessment of themselves, consider themselves worthless, and withdraw from their environment. However, this approach helps teenagers to construct solutions for themselves in order to increase their self-esteem or self-esteem. The SFBC approach invites teenagers to change negative views about themselves so that they become more aware of themselves and their future rather than being exposed to their past. Understanding the potential of teenagers, thereby increasing the self-esteem of teenagers, can increase the self-esteem of students from Broken Home families at SMA Negeri 1 Simpang Pematang, Mesuji Regency. This type of research is field research (field research), the approach the author uses in this research is a qualitative approach with a descriptive nature, namely describing it completely with data obtained from observation, interviews and documentation. Primary data sources in this research were 1 class XI homeroom teacher, 1 guidance and counseling teacher and 4 teenagers, secondary data sources were obtained from books, journals and previous relevant research results. The data analysis technique in this research uses the theory of Miles Huberman & A. Michael, namely, data reduction, data display, verification and confirmation of conclusions. The results of the research are five stages in implementing short counseling focused solutions, including: 1) Relationship Development Stage, namely to establish a good relationship between the guidance and counseling teacher and students, 2) Problem Identification Stage, namely the guidance and counseling teacher who provides facilities for student development , 3) Goal Setting Stage, namely to change thinking patterns about problem situations faced by students, 4) Designing and Implementing Intervention Stage, namely to inhibit student behavior patterns by taking alternatives to address the problems faced by students, and 5) Termination Stage , Evaluation and Follow-up, namely guidance and counseling teachers provide opportunities for students to apply skills to solve problems faced by students. Keywords: Self-Esteem, Brief Solution Focused Counselin

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Dec 2023 07:09
Last Modified: 06 Dec 2023 07:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31389

Actions (login required)

View Item View Item