KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY UNTUK MEREDUKSI NOMOPHOBIA SISWA SMK NEGERI 1 SEPUTIH AGUNG

Umi, Latifah (2023) KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY UNTUK MEREDUKSI NOMOPHOBIA SISWA SMK NEGERI 1 SEPUTIH AGUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI Umi Latifah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, penggunaan smartphone yang tidak dibatasi dalam batas waktu tertentu akan menjadikan khalayak terutama dikalangan siswa ketergantungan terhadap gadget, apabila terus dibiarkan dapat menyebabkan penyakit nomophobia yaitu salah satu gangguan yang dapat berdampak pada kesehatan psikologis maupun fisik seseorang akibat ketakutan jika berada jauh dari ponsel dan hal tersebut dapat meningkatkan stress. Gangguan nomophobia dapat menurunkan kepercayaan diri siswa pada kemampuan yang dimilikinya. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan konseling Rational Emotive Behavior Therapy untuk mereduksi nomophobia siswa SMK Negeri 1 Seputih Agung. Cara menentukan subyek penelitian menggunakan teknik jenis total sampling. Pengambilan sumber data primer dalam penelitian ini menggunakan wawancara. Sehingga, sampel dalam penelitian ini adalah berjumlah 5 siswa, serta sumber data lainnya ialah 1 guru BK yang ada di SMK Negeri 1 Seputih Agung. Jadi total sumber data dalam penelitian berjumlah 6 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data kualitatif dalam penelitian ini dibagi dalam tiga alur kegiatan, yaitu: (1) reduksi data; (2) penyajian data; dan (3) penarikan kesimpulan. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan oleh guru BK dalam mereduksi nomophobia pada siswa SMK Negeri 1 Seputih Agung dilakukan melalui tahap-tahap sebagai berikut, yaitu; 1) tahap persiapan meliputi, 2) tahap pelaksanaan meliputi; a) tahap pembentukan, b) tahap peralihan, c) tahap kegiatan, meliputi; tahap pengajaran dan tahap persuasif dalam konseling rational emotive behavior theraphy dalam teori yaitu guru BK membawa siswa ketahapan kesadaran dengan menunjukan bahwa dia sekarang mempertahankan gangguan emosionalnya untuk tetap aktif berfikir secara tidak logis dan mengulang-ulangnya. Ketiga, tahap konfrontasi dalam teori langkah-langkah konseling, yaitu guru BK berusaha agar siswa memperbaiki pikiran-pikirannya dan meninggalkan gagasan irasional. Maksudnya adalah agar siswa yang terindikasi nomophobia dapat berubah fikiran yang jelek tentang dirinya sendiri apabila tidak menggunakan HP atau menghilangkan pikiran negatif, sehingga siswa dapat mengurangi penggunaan HP. 3) tahap evaluasi meliputi; evaluasi program, proses dan hasil. Kata kunci: Konseling REBT, Mereduksi, Nomophobia iii ABSTRACT Along with the increasingly rapid development of technology, the use of smartphone that are not limited to a certain time limit will make the public, especially students, dependent on gadgets. If left unchecked, it can cause nomophobia, which is a disorder that can have an impact on a person's psychological and physical health due to fear of Being away from your cell phone can increase stress. Nomophobia disorder can reduce students' confidence in their abilities. So this research aims to describe the implementation of Rational Emotive Behavior Therapy counseling to reduce nomophobia in students at SMK Negeri 1 Seputih Agung. How to determine research subjects using total sampling techniques. Primary data sources in this research were collected using interviews. So, the sample in this study was 5 students, and the other data source was 1 guidance and counseling teacher at SMK Negeri 1 Seputih Agung. So the total data sources in the research were 6 people. The data collection methods used were observation, interviews and documentation. Qualitative data analysis in this research is divided into three activity streams, namely: (1) data reduction; (2) data presentation; and (3) drawing conclusions. The findings in this research indicate that the efforts made by guidance and counseling teachers to reduce nomophobia in students at SMK Negeri 1 Seputih Agung were carried out through the following stages, namely; 1) the preparation stage includes, 2) the implementation stage includes; a) formation stage, b) transition stage, c) activity stage, including; The teaching stage and the persuasive stage in rational emotive behavior therapy counseling in theory are that the guidance and counseling teacher brings the student to a stage of awareness by showing that he is now maintaining his emotional disturbance to remain active in thinking illogically and repeating himself. Third, the confrontation stage in the theory of counseling steps, namely the guidance and counseling teacher tries to get students to improve their thoughts and abandon irrational ideas. The intention is that students who are indicated to be nomophobia can change bad thoughts about themselves if they don't use a handphone or eliminate negative thoughts, so that students can reduce their use of handphone. 3) the evaluation stage includes; evaluation of programs, processes and results. Keywords: REBT Counseling, Reduction, Nomophobia

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Dec 2023 07:02
Last Modified: 06 Dec 2023 07:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31388

Actions (login required)

View Item View Item