LAYANAN KONSELING KELOMPOK DALAM MEREDUKSI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA DI SMA PEMBANGUNAN KALIANDA LAMPUNG SELATAN

ANISA, RISKIA NASUTION (2023) LAYANAN KONSELING KELOMPOK DALAM MEREDUKSI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA DI SMA PEMBANGUNAN KALIANDA LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi ANISA RISKIA NASUTION.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Perasaan malas mampu mendorong seseorang untuk menunda tugasnya, sehingga tugas menjadi menumpuk, fenomena tersebut ditunjukkan dengan kebiasaan siswa yang menghabiskan waktu berjam�jam, menonton televisi, mengakses jejaring sosial, bermain game online, dan mengakses situs-situs media sosial seperti Facebook, Instagram, Whatsapp, Line, Youtube sebelum mereka belajar. Siswa lebih senang melakukan kegiatan-kegiatan di luar akademik yang kurang bermanfaat dari pada mengerjakan tugas-tugas sekolah, mengulang pelajaran yang telah diberikan dan belajar untuk persiapan pelajaran hari esok, hal ini dikenal dengan prokrastinasi. Layanan konseling kelompok dalam mereduksi perilaku prokrastinasi akademik siswa adalah studi yang dilakukan untuk mengkaji pelayanan konseling kelompok yang diberikan oleh Guru Bimbingan dan Konseling kepada siswa yang melakukan perilaku prokrastinasi akademik untuk mengurangi dan menghentikan perilaku prokrastinasi akademik. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui layanan konseling kelompok dalam mereduksi perilaku prokrastinasi seperti menunda tugas, merasa tidak nyaman, atau tidak termotivsi untuk mengerjakan tugas yang sulit, mengalami kesulitan dalam mengatur waktu antara bermain dan belajar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif, sifat penelitian ini bersifat Deskriptif kualitatif sesuai apa yang diperoleh di lapangan. Sumber data primer diperoleh dari 1 wali kelas XI, 1 guru bimbingan dan konseling, dan 5 orang siswa. Sedangkan sumber data sekunder didapat dengan cara membaca, mempelajari, dan memahami yang bersumber dari literatur, buku-buku dan jurnal. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Data display)/Verification (Verifikasi), dan Triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan proses pelaksanaan layanan konseling kelompok kepada siswa yang mempunyai perilaku prokrastinasi akademik dilakukan dengan tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap kegiatan, dan tahap pengakhiran di SMA Pembangunan Kalianda Lampung Selatan. Tingkat keberhasilan dari pelaksanaan konseling kelompok pada siswa dapat dibuktikan dengan adanya perubahan perilaku pada diri siswa lebih semangat dalam belajar, lebih rajin masuk sekolah tepat waktu yang tampak lebih baik serta adanya penurunan gejala perilaku prokrastinasi setelah dilaksanakan proses layanan konseling kelompok untuk mengatasi perilaku prokrastinasi akademik tersebut. Kata kunci : Prokratinasi Akademik, Siswa, Konseling Kelompok iii ABSTRACT Feelings of laziness can encourage someone to postpone it, so that assignments pile up. This phenomenon is demonstrated by students' habits of spending hours watching television, accessing social networks, playing online games, and accessing social media sites such as Facebook, Instagram, Whatsapp. , Line, Youtube before they learn. Students prefer to do non-academic activities that are less useful than doing school assignments, repeating lessons that have been given and studying in preparation for tomorrow's lessons, this is known as procrastination. Group counseling services in reducing students' academic procrastination behavior is a study conducted to examine group counseling services provided by Guidance and Counseling Teachers to students who engage in academic procrastination behavior to reduce and stop academic procrastination behavior. The aim of this research is to determine group counseling services in reducing procrastination behavior such as delaying tasks, feeling uncomfortable, or not being motivated to do difficult tasks, experiencing difficulty in managing time between playing and studying. This type of research is field research (Field Research) using a qualitative approach, the nature of this research is qualitative descriptive according to what is obtained in the field. Primary data sources were obtained from 1 class XI homeroom teacher, 1 guidance and counseling teacher, and 5 students. Meanwhile, secondary data sources are obtained by reading, studying and understanding sources from literature, books and journals. Data collection techniques in this research used observation, documentation and interviews. Data analysis techniques use Data Reduction, Data Display/Verification, and Triangulation. The research results show that the process of implementing group counseling services for students who have academic procrastination behavior is carried out in the formation stage, transition stage, activity stage, and termination stage at the Kalianda Development High School, South Lampung. The level of success of implementing group counseling for students can be proven by changes in behavior in students who are more enthusiastic about studying, more diligent in coming to school on time which looks better and there is a decrease in symptoms of procrastination behavior after the group counseling service process is implemented to overcome academic procrastination behavior. Keywords: Academic Procrastination, Students, Group Counseling

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Dec 2023 06:57
Last Modified: 06 Dec 2023 06:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31386

Actions (login required)

View Item View Item