PERANAN BHAYANGKARA PEMBINA KEAMANAN DAN KETERTIBAN MASYARAKAT (BHABINKAMTIBMAS) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KESADARAN HUKUM TERHADAP MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi Di Desa Tiuh Balak Kecamatan Baradatu Kabupaten Way Kanan)

MUHAMMAD, SYAHREAL (2023) PERANAN BHAYANGKARA PEMBINA KEAMANAN DAN KETERTIBAN MASYARAKAT (BHABINKAMTIBMAS) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KESADARAN HUKUM TERHADAP MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi Di Desa Tiuh Balak Kecamatan Baradatu Kabupaten Way Kanan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI MUHAMMAD SYAHREAL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) menurut Peraturan Kapolri No 7 Tahun 2021 yang dimaksud dengan Bhabinkamtibmas adalah anggota polri yang bertugas sebagai pembina keamanan dan ketertiban masyarakat di desa/kelurahan/nama lain yang setingkat. Masih kurangnya kesadaran hukum di lingkungan masyarakat Desa Tiuh Balak, Hal ini dikarenakan tingkat pelanggaran hukum yang masih sering terjadi, seperti pencurian, penyalahgunaan narkoba dan pelanggaran hukum lainnya. Kurangnya kesadaran hukum di masyarakat mengakibatkan keamanan dan ketertibn menjadi kurang kondusif. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini: (1) Bagaimana Peranan Bhayangkara Pembina Keamanan Dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) dalam upaya meningkatkan kesadaran hukum terhadap masyarakat (Studi Di Desa Tiuh Balak Kecamatan Baradatu Kabupaten Way kanan)? (2) Bagaimana perspektif Fiqh Siyasah tentang Peranan Bhayangkara Pembina Keamanan Dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) dalam upaya meningkatkan kesadaran hukum terhadap masyarakat (Studi Di Desa Tiuh Balak Kecamatan Baradatu Kabupaten Way kanan)? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui secara jelas Peranan Bhayangkara Pembina Keamanan Dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) dalam upaya meningkatkan kesadaran hukum terhadap masyarakat dan untuk mengetahui perspektif Fiqh Siyasah tentang Peranan Bhayangkara Pembina Keamanan Dan Ketertiban Masayarakat (Bhabinkamtibmas) dalam upaya meningkatkan kesadaran hukum terhadap masyarakat. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Data yang langsung dikumpulkan oleh penulis yang bersumber pada observasi, pertanyaan (interview) dan dokumen. Dalam hal menentukan sampel, penulis menggunakan teknik purposive sampling. Yang menjadi sampel digunakan berjumlah 20 orang masyarakat dan 1 anggota Bhabinkamtibmas, yang terdiri dari Kepala Desa, Perangkat iii Desa, Tokoh-tokoh di Desa, anggota Bhabinkamtibmas dan sebagian perwakilan masyarakat. Data dianalisis dengan cara analisis kualitatif. Hasil penelitian Peranan Bhabinkamtibmas dalam upaya meningkatkan kesadaran hukum terhadap masih belum berjalan dengan optimal sesuai dengan aturan-aturan dan ketetentuan yang berlaku, meskipun sudah ada beberapa peranan yang dilakukan. Masyarakat Desa Tiuh Balak masih belum merasakan sepenuhnya peranan yang dilakukan Bhabinkamtibmas terutama dalam meningkatkan kesadaran hukum. Dalam perspektif Fiqh Siyasah, peranan yang dilakukan Bhabinkamtibmas belum terlaksana sepenuhnya belum sesuai dengan prinsip dan kaidah Siyasah tanfidziyyah, Bhabinkamtibmas belum optimal dalam melaksanakan peraturan tentang Bhabinkamtibmas dan mengaktualisasiakan perannya sesuai dengan tujuan Islam yang tertuang dalam maqosid syari’ah melalui peraturan, kebijakan, dan ketetapannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Dec 2023 06:47
Last Modified: 06 Dec 2023 06:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31384

Actions (login required)

View Item View Item