PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIF INTEGRATED READING AND COMPOSITION) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDN 02 JATIMULYO, LAMPUNG SELATAN

PUJI, SARI UTAMI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIF INTEGRATED READING AND COMPOSITION) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDN 02 JATIMULYO, LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI PUJI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Hasil belajar memegang peranan penting dalam proses pembelajaran karena menginformasikan kepada guru tentang kemajuan peserta didik dalam usahanya mencapai tujuan pembelajaran melalui proses belajar mengajar tambahan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut. Peneliti memberikan alternative model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dalam pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan. Penelitian tentang pengaruh model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) pada pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan materi keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia kelas IV yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap peningkatan hasil belajar pendidikan pancasila dan kewarganegaraan peserta didik kelas IV. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasy eksperiment. Populasi pada penelitian ini berjumlah 89 peserta didik kelas IV SDN 02 Jatimulyo Lampung selatan. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas IV C sebagai kelas eksperimen dan IV B sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik undian. Instrumen pengumpulan data berupa tes pilihan ganda yang berjumlah 35 butir soal. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap hasil belajar pendidikan pancasila siswa dan kewarganegaraan.. Dengan data analisis yang diperoleh menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti signifikansi < 0,05 sehingga H1 diterima. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) pada pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan, materi cara menghargai keragaman suku bangsa di indonesia berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci: Hasil belajar, Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition). iv ABSTRACT Learning outcomes play an important role in the learning process because they inform teachers about student progress in their efforts to achieve learning goals through additional teaching and learning progresses. To overcome this problem, researchers provide an alternative CIRC (Cooperative integrated reading and composition) learning model in learning pancasila and citizenship education. Research on the influence of the CIRC (Cooperative integrated reading and composition) model on pancasila and citizenship education material on ethnic and cultural diversity in grade IV Indonesia aims to determine the influence on the CIRC (Cooperative Integratwed Reading and Composition) model on improving the learning outcomes of grade IV Students. The research method used is quasi-experimental method, the population in this study was 89 class IV students at SDN 02 Jatimulyo, south lampung. The research sample consisted of 2 classes. Namely class IV C as the exsperimental and IV B as the control class. Selected using a lottery tehnicque. The data collection instrument is a multiple choice test consisting of 35 questions. Based on research that has been conducted , it is know that there is a significant influence of the CIRC (Cooperative integrated reading and composition) learning model on the students pancasila and citizenship education. With the analysis data obtained showing a significance value of 0,000 whinch means significance <0,05 so that H1 is accepted. This proves that the CIRC (Cooperative integrated reading and composition ) learning model in pancasila and citizenship education material on how to appreciate ethnic and cultural diversity in Indonesia has an influence on student learning outcomes. Keywords: learning outcomes, CIRC (Cooperative integrated reading and composition) Learning model

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Dec 2023 06:37
Last Modified: 06 Dec 2023 07:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31383

Actions (login required)

View Item View Item