PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUAL AUDITORI KINESTETIK TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 3 PESAWARAN

Fatonah, F (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUAL AUDITORI KINESTETIK TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 3 PESAWARAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan prapenelitian yang telah dilakukan di SMP Negeri 3 Pesawaran tahun pelajaran 2017/2018, bahwa proses pembelajaran masih menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan diakhiri dengan pemberian soal, sehingga mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu, perlu diterapkan model pembelajaran untuk mengiringi pembelajaran yang melibatkan peserta didik agar lebih berperan aktif dan memanfaatkan potensi yang telah dimiliki peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran visual auditori kinestetik terhadap hasil belajar kognitif kelas VIII SMP Negeri 3 Pesawaran. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Exsperimental Design. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII SMP Negeri 3 Pesawaran, yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen (VIII 1) yang diterapkan model visual auditori kinestetik dan kelas kontrol (VIII 2) yang menggunakan pembelajaran demonstration. Populasi pada penelitian seluruh kelas VIII yang berjumlah 210 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yaitu cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yaitu tes (pretest, posttest) setelah semua data tes dikumpulkan. Selanjutnya, akan dianalisis menggunakan analisis statistik inferensial dengan menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran visual auditori kinestetik berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 pesawaran. Dengan nilai rata-rata pretest pada kelas eksperimen adalah 26,7 dan rata-rata postest kelas eksperimen adalah 82. Sedangkan nilai rata-rata pretest pada kelas kontrol adalah 36,16, dan nilai rata-rata postest pada kelas kontrol adalah 54. Hasil uji t independent menunjukan hasil sig 0.00 < 0.05. Hal tersebut menunjukan bahwa HO ditolak dan H1 diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Drs Elzondry Azly
Date Deposited: 05 Feb 2018 06:22
Last Modified: 05 Feb 2018 06:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3138

Actions (login required)

View Item View Item