PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MULTILITERASI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN SIKAP BELAJAR PESERTA DIDIK

LANGGENG, SETIYA MUKTI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MULTILITERASI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN SIKAP BELAJAR PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of full skripsi.pdf] PDF
Download (14MB)
[thumbnail of cover bab 1+5&dapus.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian di latar belakangi oleh rendahnya pemahaman konsep matematis dan sikap belajar peserta didik. Padahal pemahaman konsep merupakan bagian terpenting dalam pembelajaran matematika. Hal ini tercantum dalam Permendiknas no 22 tahun 2006. Dengan paham atau mengerti suatu konsep akan mempermudah peserta didik dan meminimalisir kendala-kendala saat proses belajar mengajar. Rendahnya pemahaman konsep matematis, dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti internal dan eksternal. Faktor internal seperti sikap peserta didik dalam proses belajar mengajar. Sikap belajar peserta didik merupakan sebuah respon dari stimulus yang diberikan dalam hal ini berupa model pembelajaran, materi pelajaran, dan lingkungan pembelajaran sebab sikap terbentuk dari sebuah persepsi. Oleh karena itu, penelitian ini menerapkan model pembelajaran multiliterasi untuk mengatasi permasalahan pemahaman konsep dan sikap belajar peserta didik. Tujuan penelitian Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran multiliterasi terhadap pemahaman konsep dan sikap belajar peserta didik. Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran multiliterasi terhadap pemahaman konsep matematis. Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran multiliterasi terhadap sikap belajar peserta didik. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi experiment design dengan design penelitian post-test control design. Dengan menetapkan populasi seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Pagelaran. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Untuk mengumpulkan data menggunakan instrumen tes untuk mengukur pemahaman konsep matematis dan instrumen angket untuk mengukur sikap belajar. Teknik analisis data menggunakan uji Manova (Multivariate Analisis Of Variance) dengan taraf signifikansi 5%. Hasil dari penelitian diperoleh nilai sig. 0,001 menandakan terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap pemahaman konsep matematis dan sikap belajar peserta didik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap pemahaman konsep matematis dan sikap belajar peserta didik. Penggunaan model pembelajaran multiliterasi berpengaruh lebih baik terhadap pemahaman konsep matematis maupun sikap belajar dari pada penerapan model pembelajaran direct instruction. Kata Kunci: Multiliterasi, Pemahaman Konsep, dan Sikap Belajar. ABSTRACT The research was motivated by the low understanding of mathematical concepts and students' learning attitudes. Even though understanding concepts is the most important part of learning mathematics. This is stated in Permendiknas No. 22 of 2006. Understanding or comprehending a concept will make things easier for students and minimize obstacles during the teaching and learning process. Low understanding of mathematical concepts is influenced by several factors such as internal and external. Internal factors such as students' attitudes in the teaching and learning process. Students' learning attitudes are a response to the stimulus provided, in this case in the form of learning models, lesson materials, and learning environments because attitudes are formed from a perception. Therefore, this research applies a multiliteracy learning model to overcome the problems of students' understanding of concepts and learning attitudes. The aim of the research is to determine the effect of the multiliteracy learning model on students' understanding of concepts and learning attitudes. To determine the effect of the multiliteracy learning model on understanding mathematical concepts. To determine the effect of the multiliteracy learning model on students' learning attitudes. The research uses a quantitative approach, with a quasi experimental design type of research with a post-test control design. By determining the population of all class VIII students at SMP Negeri 1 Pagelaran. Sampling in this study used the cluster random sampling technique. To collect data using test instruments to measure understanding of mathematical concepts and questionnaire instruments to measure learning attitudes. The data analysis technique uses the Manova test (Multivariate Analysis of Variance) with a significance level of 5%. The results of the research obtained a sig value. 0.001 indicates that there is an influence of the learning model on students' understanding of mathematical concepts and learning attitudes. The conclusion of this research is that there is an influence of learning models on students' understanding of mathematical concepts and learning attitudes. The use of the multiliteracy learning model has a better effect on understanding mathematical concepts and learning attitudes than the application of the direct instruction learning model. Keywords: Multiliteracy, Concept Understanding, and Learning Attitudes.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Dec 2023 02:50
Last Modified: 06 Dec 2023 04:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31375

Actions (login required)

View Item View Item