PENGEMBANGAN MEDIA WEBSITE BERBASIS METODE MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN IPA di SD/MI

Gilang, Adiya Elangga (2023) PENGEMBANGAN MEDIA WEBSITE BERBASIS METODE MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN IPA di SD/MI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Pada saat proses pembelajaran di kelas dalam menggunakan sebuah media sepertinya pendidik sudah paham dengan baik, tetapi Jika dicermati dari segi media, penggunaanya masih kurang beragam. Dalam lingkungan sekolah kita tidak hanya belajar tentang materi pembelajaran saja, kita diharuskan juga belajar mengenai teknologi yang semakin berkembang dan maju di zaman ini seperti website berbasis metode mind mapping. Media website berbasis metode mind mapping sangat penting di sekolah, bukan hanya karena merupakan komponen teknilogi yang sangat penting, tetapi juga karena salah satu fasilitas yang harus dimiliki setiap orang untuk mencari pengetahuan yang tidak ada batasnya di dalamnya. Menggunakan media yang sesuai akan membuat kegiatan pendidikan lebih berdampak di ruang kelas, dan dengan menggunakan media akan membantu peserta didik memahami materi dengan lebih mudah, karena proses belajar dibantu dengan media tersebut. Penggunaan media website berbasis metode mind mapping diharapkan menjadi sesuatu yang berbeda pada kegiatan belajar mengajar sehingga muncul keinginan para peserta didik untuk terus membuka pikiranya. website ialah sebuah media penyampaian informasi melalui internet baik berupa text, gambar maupun suara. Pada era sekarang perkembangan teknologi website, seluruh lapisan masyarakat bisa merasakan manfaat yang begitu nyata. Dalam melakukan penelitian pengembangan media website berbasis metode mind mapping ini menggunakan model ADDIE. Karena model ADDIE sering digunakan untuk mendefinisikan pendekatan sistematis untuk pengembangan instruksional, oleh karena itu model ini dipilih. Penelitian yang dilakukan menggunakan model pengembangan ADDIE memiliki beberapa tahapan yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Validasi kelayakan dilaksanakan oleh tim validator yang terdiri dari dua ahli bahasa, dua ahli materi, dan dua ahli media. Uji lapangan terdiri dari uji skala kecil yang terdiri dari 20 peserta didik (10 peserta didik kelas IV SDN 1 Suka Bumi Buay Bahuga Way Kanan dan 10 peserta didik SDN 2 Suka Bumi Buay Bahuga Way Kanan). Sedangkan uji skala iii besar terdiri dari 39 peserta didik yaitu 20 peserta didik kelas kelas IV SDN 1 Suka Bumi Buay Bahuga Way Kanan dan 19 peserta didik kelas kelas IV SDN 2 Suka Bumi Buay Bahuga Way Kanan. Berdasarkan analisis hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan media website berbasis metode mind mapping memperoleh nilai rata-rata ahli materi 88% dengan kriteria sangat layak, rata-rata dari ahli bahasa 88% dengan kriteria sangat layak, dan rata-rata dari ahli media 90% dengan kriteria sangat layak dan dinyatakan layak untuk diujicobakan. Sedangkan rata-rata penilaian yang diberikan oleh pendidik adalah 92% dengan kategori sangat layak untuk digunakan. Dan penilaian dari peserta didik pada skala kecil adalah 95% dan skala besar memperoleh 94% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hal tersebut maka media website berbasis metode mind mapping pada pembelajaran IPA layak digunakan dalam proses pembelajaran baik di sekolah maupun di rumah. Kata kunci: Media website berbasis metode mind mapping

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Dec 2023 07:16
Last Modified: 05 Dec 2023 08:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31372

Actions (login required)

View Item View Item