IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VIII DI MTS AL-MUBAROK BUKIT KEMUNING LAMPUNG UTARA

VIRGI, ANGGITA (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VIII DI MTS AL-MUBAROK BUKIT KEMUNING LAMPUNG UTARA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER,BAB 1, BAB2, DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI VIRGI ANGGITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Seiring dengan berjalannya waktu sebagai akibat dari kemajuan ilmu pengetahuan serta tuntutan masyarakat akan suasana yang lebih demokratis, adil, dan penghormatan terhadap hak-hak asasi manusia, maka berbagai komponen pendidikan tersebut mengalami perubahan secara mendasar. Model pembelajaran sebagai salah satu komponen pendidikan yang sangat penting juga mengalami perubahan. Dunia pendidikan perlu inovasi untuk mempersiapkan peserta didik menjadi generasi yang kompeten dan menghasilkan peserta didik yang berkualitas di masyarakat dengan memiliki beberapa keterampilan abad 21 guna menjawab tuntutan perubahan zaman. Melalui pembelajaran kolaboratif diharapkan dapat berpengaruh secara signifikan, dapat menghasilkan peserta didik yang berkualitas, sehingga alternatif pembelajaran yang perlu diterapkan ialah pembelajaran kolaboratif, karena menerapkan salah salah satu model pembelajran merupakan salah satu solusi untuk mengatasi masalah belum berdayanya pendidikan dalam menyiapkan sumber daya manusia untuk masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengimplementasian model pembelajaran kolaboratif pada mata pelajaran Fiqih di MTs Al-Mubarok Bukit Kemuning Lampung Utara, serta apa saja faktor yang mempengaruhi model pembelajaran kolaboratif pada mata pelajaran Fiqih di MTs Al-Mubarok Bukit Kemuning Lampung Utara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah implementasi Model Pembelajaran Kolaboratif pada Mata Pelajaran Fiqih kelas VIII di MTs Al-Mubarok Bukit Kemuning Lampung Utara sesuai dengan langkah-langkah tersebut sudah berjalan dengan cukup baik. Hal ini terlihat dari perencanaan pembelajaran yang dilakukan guru Fiqih sebelum pembelajaran yaitu menyusun RPP, Silabus. namun terdapat indikator yang perlu dibiasakan dikarenakan adanya siswa yang iv kurang konsentrasi dalam menerima materi baru. Faktor Pendukung Implementasi Model Pembelajaran Kolaboratif yaitu Suasana kelas yang kondusif di mana saat kegiatan berkelompok dengan mendiskusikan satu materi, selain itu Hubungan baik antara guru dan siswa juga merupakan hal yang sangat penting karena pada hakikat nya siswa akan bersemangat mendengarkan materi jika ia menyukai dan memiliki hubungan yang baik dengan gurunya, dan juga karena Adanya kesadaran siswa dalam mencoba hal baru membuat proses penerapan model pembelajaran kolaboratif lebih mudah dijalankan. Faktor penghambat dari pengimplementasian Model Pembelajaran Kolaboratif yaitu Rendahnya konsentrasi beberapa siswa akibat kurang disiplin seperti bercanda, kekurangan salah satunya Media belajar yang kurang memadai di mana buku mata peajaran Fiqih sendiri tidak dapat mencukupi jumlah siswa yang ada khususnya di kelas VIII, dan juga yang menjadi faktor penghambat Implementasi Model Pembelajaran Kolaboratif yaitu kurang adanya semangat untuk membaca dan adanya rasa kurang percaya diri. Kata Kunci : Implementasi Model Pembelajaran, Kolaboratif, Fiqih v ABSTRAC Over time, as a result of advances in science and society's demands for a more democratic, fair atmosphere and respect for human rights, the various components of education have undergone fundamental changes. The learning model as a very important component of education is also changing. The world of education needs innovation to prepare students to become a competent generation and produce quality students in society who have several 21st century skills to answer the demands of changing times. Through collaborative learning, it is hoped that it can have a significant influence, can produce quality students, so that the learning alternative that needs to be implemented is collaborative learning, because implementing one of the learning models is one solution to overcome the problem of the inability of education in preparing human resources for the future. front. This study aims to find out how the collaborative learning model is implemented in the Fiqh subject at MTs Al-Mubarok Bukit Kemuning North Lampung, and what are the factors that influence the collaborative learning model in the Fiqh subject at MTs Al-Mubarok Bukit Kemuning North Lampung. This research uses descriptive qualitative research methods. Data collection techniques in this research used observation, interviews and documentation. The data analysis technique used in this research is triangulation. The result of this study is that the implementation of the Collaborative Learning Model in Class VIII Fiqh Subject at MTs Al�Mubarok Bukit Kemuning North Lampung in accordance with these steps has been going quite well. This can be seen from the learning planning carried out by the Fiqh teacher before learning, namely compiling lesson plans, syllabus. but there are indicators that need to be familiarized because there are students who lack concentration in receiving new material. Supporting Factors for the Implementation of the Collaborative Learning Model, namely a conducive classroom atmosphere where when group activities discuss one material, besides that good relations between teachers and students are also very important because in essence students will be excited to listen to vi material if they like and have a relationship good relationship with the teacher, and also because the awareness of students in trying new things makes the process of implementing collaborative learning models easier to run. The inhibiting factor for implementing the Collaborative Learning Model is the low concentration of some students due to lack of discipline such as joking, one of which is lack of adequate learning media where the Fiqh subject book itself cannot meet the number of students, especially in class VIII, and also a factor the obstacles to the Implementation of the Collaborative Learning Model are the lack of enthusiasm for reading and the lack of self�confidence. Keywords: Implementation of Learning Models, Collaborative, Fiqh

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Dec 2023 04:41
Last Modified: 05 Dec 2023 04:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31370

Actions (login required)

View Item View Item