ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK TERHADAP MITIGASI BENCANA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KABUPATEN TANGGAMUS

Intan, Rahmawati (2023) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK TERHADAP MITIGASI BENCANA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KABUPATEN TANGGAMUS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (11MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL  INTAN RAHMAWATI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kemampuan literasi sains siswa di Tanggamus yaitu SMA Negeri 1 Gunung Alip dan SMA Negeri 1 Kotaagung. Teknik pengumpulan data penelitian data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, wawancara dan tes kemampuan literasi sains. Metode penelitian yang digunakan mixed methods desain penelitian yang digunakan adalah desain embedded experimental model. Sampel yang digunakan pada sekolah A (X2 (30)) dan sekolah B (XE (30)). Sampel yang dipilih adalah kelas yang telah mempelajari materi pada bab keanekaragaman hayati. Maka dari itu kelas X2 dan XE menjadi subjek dalam penelitian. Instrument pada penelitian ini adalah soal kemampuan literasi sains yang dibuat merujuk pada PISA 2015, menggunakan materi keanekaragaman hayati yang dipadukan dengan materi mitigasi bencana. Selain itu penelitian ini juga menggunakan instrument wawancara sebagai penunjang instrument soal tes yang diberikan sebanyak 10 soal yang sebelumnya sudah divalidasi oleh dosen yang ahli pada bidangnya. Hasil yang didapatkan merupakan presentase per indikator soal literasi sains dan presentase jumlah keseluruhan yang didapatkan pada masing-masing sekolah. SMA Negeri 1 Gunung Alip dan SMA Negeri 1 Kotaagung memiliki perbedaan pada keduanya. SMA Negeri 1 Gunung Alip diketahui bahwa skor rata-rata ketercapaian literasi sains pada aspek konten 67,33% kategori ―cukup‖, pada aspek proses 63,26% kategori ―cukup‖ dan pada aspek konteks 60% kategori ―cukup‖ secara keseluruhan mendapatkan rata-rata 63,53% dimana ketercapaian ini termasuk dalam kategori ―cukup‖ sedangkan SMA Negeri 1 Kotaagung, rata-rata ketercapaian literasi sains pada aspek konten mendapatkan 51,78% kategori ―kurang sekali‖ pada aspek proses 53,19% kategori ―kurang sekali‖ dan pada aspek konteks 40% kategori ―kurang sekali‖ secara keseluruhan mendapatkan rata-rata 48,32% dimana ketercapaian ini termasuk ―kurang sekali‖. Kata Kunci: Keanekaagaman Hayati, Literasi Sains, Mitigasi Bencana ii ABSTRACT The aim of this research is to analyze the scientific literacy abilities of students in Tanggamus, namely SMA Negeri 1 Gunung Alip and SMA Negeri 1 Kotaagung. Data research data collection techniques use observation, documentation, interviews and scientific literacy skills tests. The research method used was mixed methods. The research design used was an embedded experimental model design. The samples used were school A (X2 (30)) and school B (XE (30)). The sample chosen was a class that had studied material in the biodiversity chapter. Therefore, classes X2 and XE became the subjects of the research. The instrument in this research is a question of scientific literacy skills which was created referring to PISA 2015, using biodiversity material combined with disaster mitigation material. Apart from that, this research also used an interview instrument as a supporting instrument for the test questions which were given as many as 10 questions which had previously been validated by lecturers who were experts in their fields. The results obtained are the percentage per indicator of scientific literacy questions and the percentage of the total obtained in each school. SMA Negeri 1 Gunung Alip dan SMA Negeri 1 Kotaagung memiliki perbedaan pada keduanya. SMA Negeri 1 Gunung Alip diketahui bahwa skor rata-rata ketercapaian literasi sains pada aspek konten 67,33% kategori “cukup”, pada aspek proses 63,26% kategori “cukup” dan pada aspek konteks 60% kategori “cukup” secara keseluruhan mendapatkan rata-rata 63,53% dimana ketercapaian ini termasuk dalam kategori “cukup” sedangkan SMA Negeri 1 Kotaagung, rata-rata ketercapaian literasi sains pada aspek konten mendapatkan 51,78% kategori “kurang sekali” pada aspek proses 53,19% kategori “kurang sekali” dan pada aspek konteks 40% kategori “kurang sekali” secara keseluruhan mendapatkan rata-rata 48,32% dimana ketercapaian ini termasuk “kurang sekali”. Keywords: Biodiversity, Scientific Literacy, Disaster Mitigation.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Dec 2023 02:52
Last Modified: 05 Dec 2023 02:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31363

Actions (login required)

View Item View Item