PENGARUH MODUL PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA D I K E L A S V S D N 8 TULANG BAWANG UDIK

WIDODO, Jumali (2023) PENGARUH MODUL PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA D I K E L A S V S D N 8 TULANG BAWANG UDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI WIDODO.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan latar belakang kurangnya hasil belajar pada pembelajaran ipa dan kurangnya media pembelajaran di sekolah maka tujuan pembelajaran ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik di SD N 8 Tulang Bawang Udik. Metode penelitian yang peneliti gunakan merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian tindakan kelas adalah proses pemecahan masalah yang dilakukan secara sistematis, artinya dilakukan secara bertahap. Penelitian tindakan kelas yang mengkombinasikan prosedur penelitian dengan suatu tindakan yang dilakukan dalam disiplin, atau suatu usaha seseorang untuk memahami apa yang sudah terjadi dalam sebuah proses perbaikan dan perubahan. Dari hasil penelitian yang sudah peneliti lakukan selama beberapa kali, dapat di ketahui adanya peningkatan hasil belajar yang telah di capai setiap peserta didiknya dengan bantuan media modul. Dari dua siklus penelitian yang peneliti lakukan menunjukkan peningkatan yang dapat peneliti simpulkan bahwasannya media modul dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa SDN 8 Tulang Bawang Udik. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik dapat ditingkatkan dengan bantuan media modul. Peningkatan hasil belajar peserta didik terjadi secara signifikan terlihat dari peningkatan rata-rata jumlah skor pada setiap siklusnya. Hal ini dibuktikan oleh hasil penelitian pada pra tindakan rata-rata skor sebesar 54%. Pada siklus I rata-rata skor mencapai 65%. Kemudian pada siklus II meningkat menjadi 85%gkatkan hasil belajar dengan menggunakan modul yang di lakukan untuk sebuah pembelajaran disekolah. Kata Kunci ; Hasil Belajar, Pembelajran IPA, Media Modul. iv ABSTRACT Based on the background of the lack of learning outcomes in science learning and the lack of learning media in schools, the aim of this study is to determine the improvement in student learning outcomes at SD N 8 Tulang Bawang Udik. The research method that the researcher used was Classroom Action Research. Classroom action research is a problem solving process that is carried out systematically, meaning it is carried out in stages. Classroom action research combines research procedures with an action carried out in a discipline, or a person's attempt to understand what has happened in a process of improvement and change. From the results of research that researchers have carried out several times, it can be seen that there has been an increase in learning outcomes that have been achieved by each student with the help of module media. From the two research cycles that the researchers carried out, they showed an improvement, the researchers could conclude that the media module could help improve student learning outcomes at SDN 8 Tulang Bawang Udik. Based on the research results, it can be concluded that student learning outcomes can be improved with the help of module media. The increase in student learning outcomes occurred significantly as seen from the increase in the average number of scores in each cycle. This is proven by the results of pre-action research with an average score of 54%. In cycle I the average score reached 65%. Then in cycle II it increased to 85%, increasing learning outcomes using modules carried out for learning at school. Keywords ; Learning Outcomes, Science Learning, Media Modules.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Dec 2023 08:28
Last Modified: 04 Dec 2023 08:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31361

Actions (login required)

View Item View Item