PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN SAINS UNTUK MENINGKATKAN KOGNITIF AUD DI TK NEGERI PEMBINA ULUDANAU

Heni, Harianti (2023) PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN SAINS UNTUK MENINGKATKAN KOGNITIF AUD DI TK NEGERI PEMBINA ULUDANAU. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL HENI HARIANTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan hasil pra penelitian kemampuan kognitif anak di TK Negeri Pembina Uludanau masih belum berkembang, pada saat pengenalan warna melalui benda-benda yang ada di dalam maupun di luar lingkungan sekolah terlihat ada anak yang belum mampu mengenal berbagai macam warna, kemampuan anak dalam memecahkan masalah pun masih belum berkembang. Metode pembelajaran yang digunakan guru masih klasikal, keterlibatan guru selama pembelajaran masih dominan dan anak tidak terlibat langsung selama pembelajaran sehingga peserta didik menerima apa saja yang diberikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kognitif anak usia dini dalam pembelajaran sains melalui Penerapan Metode Discovery Learning Di TK Negeri Pembina Uludanau. Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan tingkat pencapaian 75% anak yang berkembang sangat baik (BSB). teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi.Subjek penelitian ini menggunakan 2 orang guru kelas sebagai observer. peserta didik TK Negeri Pembina Uludanau Kelompok B1 Yang Berjumlah 16 Anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode discovery learning dalam pembelajaran sains dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini di TK Negeri Pembina Uludanau, hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan pada tiap siklus, pada siklus I terdapat berkembang sangat baik (BSB) berjumlah 5 anak atau 31,25%. Pada siklus II terdapat berkembang sangat baik (BSB) berjumlah 14 anak atau 87,5%. Penelitian ini di hentikan sampai dengan siklus II karena sudah melampaui standar keberhasilan yang telah di tetapkan yaitu 75% dengan kriteria berkembang sangat baik (BSB). Dengan demikian berdasarkan dari hasil penelitian maka penulis menyimpulkan bahwa melalui penerapan metode discovery learning dalam pembelajaran sains dapat meningkatkan kognitif AUD di TK negeri Pembina uludanau dengan indikator pencapaian anak sudah mampu mengenal dan menyebutkan warna, mampu mengklasifikasikan, dan memecahkan masalah Kata Kunci : Kognitif, Pembelajaran Sains iii ABSTRACT Based on the results of pre-research, children's cognitive abilities at TK Negeri Pembina Uludanau are still undeveloped, because during the introduction of colors through objects inside and outside the school environment it was seen that there were children who were not able to recognize various colors, children's ability to solve problems was still not developed. The learning method used by the teacher is still classical, the teacher's involvement during learning is still dominant and children are not directly involved during learning so that students accept whatever is given by the teacher. This study aims to improve early childhood cognitive in science learning through the application of the Discovery Learning Method at TK Negeri Pembina Uludanau. This type of research uses the Classroom Action Research Method (PTK) which is carried out with an achievement level of 75% of children who develop very well (BSB). data collection techniques are carried out by observation, interviews, and documentation. the subject of this study used 2 class teachers as observers. students of TK Negeri Pembina Uludanau Group B1 Numbering 16 Children. The results of the research show that the application of the discovery learning method in science learning can improve the cognitive abilities of early childhood in the Pembina Uludanau State Kindergarten,this can be seen from the increase in each cycle, in the first cycle there well very development (BSB) totalling 5 children or 31,25%. In cycle II there were 14 children developing very well (BSB) or 87,5%. This research was stopped until cycle II because is had exceeded the success standards that had been set, namey 75% with the criteria for very well developing (BSB). Thus, based on the results of the research, the outhorit can improve cognitive AUD in the pembina uludanau public kindergarden with achievement indicators that children are able to recognize and name color, are able classify, ana solve probling. Keyword : cognitive, science learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Dec 2023 08:01
Last Modified: 04 Dec 2023 08:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31358

Actions (login required)

View Item View Item