IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM DALAM STRATEGI PEMASARAN PRODUK GADAI DAN CICILAN EMAS (Studi Pada Nasabah BSI KCP Pringsewu)

Dewi, Mutia (2023) IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM DALAM STRATEGI PEMASARAN PRODUK GADAI DAN CICILAN EMAS (Studi Pada Nasabah BSI KCP Pringsewu). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL Skripsi Dewi Mutia.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Perbankan Syariah yang ada dan eksis di Indonesia adalah Bank Syariah Indonesia (BSI). Bank Syariah Indonesia KCP Pringsewu merupakan salah satu bank syariah yang memiliki peran sebagai fasiliator sekaligus pendukung bagi kebutuhan masyarakat dalam hal gadai dan cicil emas. Jumlah nasabah penggunaan produk gadai dan cicilan emas di Bank BSI KCP Pringsewu mengalami naik turun (fluaktif) pada tahun 2019-2022. Pada tahun 2022 nasabah yang menggunakan produk gadai dan cicilan emas di Bank BSI KCP Pringsewu mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Permasalahan yang telah penulis rumuskan diantaranya pertama, Bagaimana strategi pemasaran produk gadai dan cicilan emas di Bank BSI KCP Pringsewu dan yang kedua, Bagaimana implementasi etika bisnis islam dalam strategi pemasaran produk gadai dan cicilan emas di Bank BSI KCP Pringsewu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran produk gadai dan cicilan emas di Bank BSI KCP Pringsewu juga untuk mengetahui implementasi etika bisnis islam dalam strategi pemasaran produk gadai dan cicilan emas di Bank BSI KCP Pringsewu. Metodologi penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode dokumentasi dan metode wawancara. Hasil penelitian ini, strategi pemasaran produk yang diterapkan oleh Bank BSI KCP Pringsewu adalah strategi pemasaran terpusat yaitu strategi dari kantor pusat diturunkan ke kantor cabang dengan strategi bauran pemasaran yaitu: a. strategi produk, b. strategi harga, c. strategi tempat, dan d. strategi promosi. Strategi yang mereka gunakan dikenal dengan istilah bauran strategi atau Marketing Mix dalam ilmu ekonomi dan etika bisnis islam. Selain itu kegiatan pemasaran yang dilakukan tidak bertentangan dengan etika bisnis islam sehingga dapat dikatakan sesuai dengan nilai-nilai yang diajarkan oleh syari‟at islam. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Etika Bisnis Islam. ABSTRACK Sharia banking that exists and exists in Indonesia is Bank Syariah Indonesia (BSI). Bank Syariah Indonesia KCP Pringsewu is a sharia bank which has a role as a facilitator and supporter for community needs in terms of gold pawning and installments. The number of customers using pawn products and gold installments at Bank BSI KCP Pringsewu experienced fluctuations in 2019-2022. In 2022, customers using gold pawn and installment products at Bank BSI KCP Pringsewu will increase from the previous year. The problems that the author has formulated include: First,What is the marketing strategy for gold pawn and installment products at Bank BSI KCP Pringsewu and second, How to implement Islamic business ethics in the marketing strategy for pawn products and gold installments at Bank BSI KCP Pringsewu. This research aims to find out the marketing strategy for pawn products and gold installments at Bank BSI KCP Pringsewu as well as to find out the implementation of Islamic business ethics in the marketing strategy for pawn products and gold installments at Bank BSI KCP Pringsewu. This research methodology uses descriptive qualitative methods. The methods used to collect data in this research are the observation method, documentation method and interview method. The results of this research show that the product marketing strategy implemented by Bank BSI KCP Pringsewu is a centralized marketing strategy, namely a strategy from the head office down to branch offices with a marketing mix strategy, namely: a. product strategy, b. pricing strategy, c. place strategy, and d. promotion strategy. The strategy they use is known as the strategy mix orMarketing Mix in economics and Islamic business ethics. Apart from that, the marketing activities carried out do not conflict with Islamic business ethics so they can be said to be in accordance with the values taught by Islamic law. Keywords: Marketing Strategy, Islamic Business Ethics.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Dec 2023 06:48
Last Modified: 04 Dec 2023 06:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31348

Actions (login required)

View Item View Item