ANALISIS FIQH SIYASAH TERHADAP PEMENUHAN HAK PENYANDANG DISABILITAS MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 2016 TENTANG PENYANDANG DISABILITAS (Studi di Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Bandar Lampung)

RENDIKA, SANJAYA (2023) ANALISIS FIQH SIYASAH TERHADAP PEMENUHAN HAK PENYANDANG DISABILITAS MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 2016 TENTANG PENYANDANG DISABILITAS (Studi di Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER - BAB II DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of RENDIKA SANJAYA FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Berangkat dari amanat Undang-Undang No. 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas, serta adanya gambaran tentang fakta lembaga pemasyarakatan yang masih belum akses dan belum ramah kepada narapidana dan warga binaan penyandang disabilitas, maka penulis melakukan penelitian untuk mendalami lebih jauh tentang aksesibilitas lembaga pemasyarakatan di Indonesia serta melihat berbagai hambatan yang dialami oleh penyandang disabilitas yang menjadi penghuni Lapas. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah Bagaimana pemenuhan hak penyandang disabilitas di lembaga pemasyarakatan Kelas 1 Bandar Lampung menurut Undang-undang Nomor 8 Tahun 2016 ? dan Bagaimana Analisis fiqh siyasah terhadap pemenuhan hak penyandang disabilitas di lembaga pemasyarakatan kelas 1 bandar lampung? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research yang bersifat deskriptif analis dengan menggunakan pendekatan normativ yang di proleh dari wawancara,observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa Pemenuhan hak penyandang disabilitas pada lembaga pemasyarakatan Kelas 1 Bandar Lampung belum dilaksanakan dengan baik. Berbagai hambatan, mulai dari prilaku, pengetahuan, regulasi, hingga sarana dan prasarana fisik masih banyak ditemui dalam setiap bisnis proses di Lembaga Pemasyarakatan. Kemudian, pemenuhan hak penyandang disabilitas di lembaga pemasyarakatan kelas 1 bandar lampung belum sejalan dengan Siyasah Tanfidziyyah bisa dilihat dari kepala lembaga pemasyarakatan belum menjalankan amanat undang-undang nomor tahun 2016 tentang penyandang disabilitas. Kata kunci: Penyandang Disabilitas, Lembaga Pemasyarakatan, Undang-undang No 8 Tahun 2016, Fiqh Siyasah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Dec 2023 04:03
Last Modified: 04 Dec 2023 04:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31340

Actions (login required)

View Item View Item