PENGARUH KEMAMPUAN ANALISIS MATEMATIS, KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN DISPOSISI BERPIKIR KRITIS TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN PESERTA DIDIK

Eka, Wantika Sari (2023) PENGARUH KEMAMPUAN ANALISIS MATEMATIS, KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN DISPOSISI BERPIKIR KRITIS TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (8MB)
[thumbnail of SKRIPSI EKA_CETAK.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung antara kemampuan analisis matematis, kemampuan pemahaman konsep dan disposisi berpikir kritis terhadap kemampuan penalaran peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes, angket, wawancara dan dokumentasi. Uji hipotesis menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh langsung negatif yang signifikan kemampuan analisis matematis terhadap disposisi berpikir kritis dengan nilai koefisien negatif cukup kuat dan determinasi sebesar . Terdapat pengaruh langsung yang signifikan kemampuan pemahaman konsep terhadap disposisi berpikir kritis dengan nilai koefisien positif sangat kuat dan determinasi sebesar . Terdapat pengaruh langsung yang signifikan kemampuan analisis matematis terhadap kemampuan penalaran dengan nilai koefisien positif sangat lemah dan determinasi sebesar . Terdapat pengaruh langsung yang signifikan kemampuan pemahaman konsep terhadap kemampuan penalaran dengan nilai koefisien positif cukup kuat dan determinasi sebesar . Terdapat pengaruh langsung yang signifikan disposisi berpikir kritis terhadap kemampuan penalaran dengan nilai koefisien positif kuat dan determinasi sebesar . Tidak terdapat pengaruh tidak langsung yang signifikan kemampuan analisis matematis terhadap kemampuan penalaran melalui disposisi berpikir kritis dengan nilai koefisien negatif sangat lemah. Terdapat pengaruh tidak langsung yang signifikan kemampuan pemahaman konsep terhadap kemampuan penalaran melalui disposisi berpikir kritis dengan nilai koefisien cukup kuat. Kata Kunci: Kemampuan Analisis Matematis, Kemampuan Pemahaman Konsep, Disposisi Berpikir Kritis, Kemampuan Penalaran.ABSTRACT This study aims to determine the direct and indirect influence between mathematical analysis skills, the ability to understand concepts and critical thinking tendencies on students' reasoning abilities. The research method used is ex post facto with a quantitative approach. This research uses data collection techniques in the form of tests, questionnaires, interviews and documentation. Test hypotheses using path analysis. The results of the study show that there is a significant negative direct influence on the ability of mathematical analysis on the tendency of critical thinking with a relatively strong negative coefficient and a determination of 61.8%. There is a significant direct influence on the ability to understand concepts on critical thinking tendencies with a very strong positive coefficient value and a determination of 61.8%. There is a significant direct influence of mathematical analysis ability on reasoning ability with a very weak positive coefficient value and a determination of 73%. There is a significant direct influence on the ability to understand concepts on the ability to reason with a relatively strong positive coefficient value and a determination of 73%. There is a significant direct influence on the tendency of critical thinking on reasoning ability with a strong positive coefficient value and determination of 73%. There is no significant indirect effect of mathematical analysis ability on reasoning ability through critical thinking tendency with a very weak negative coefficient value. There is a significant indirect effect on the ability to understand concepts on reasoning ability through critical thinking disposition with a relatively strong coefficient value. Keywords: Mathematical Analysis Ability, Concept Understanding Ability, Critical Thinking Tendency, Reasoning Ability.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Dec 2023 03:14
Last Modified: 04 Dec 2023 03:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31338

Actions (login required)

View Item View Item