PELAKSANAAN KONSELING INDIVIDU MENGGUNAKAN TEKNIK BEHAVIORAL CONTRACT UNTUK KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI SMK-SMTI BANDAR LAMPUNG

INDAH, LESTARI (2023) PELAKSANAAN KONSELING INDIVIDU MENGGUNAKAN TEKNIK BEHAVIORAL CONTRACT UNTUK KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI SMK-SMTI BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI INDAH LESTARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini membahas tentang pelaksanaan konseling individu menggunakan teknik behavioral contract untuk kedisiplinan peserta didik. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kedisiplinan pada peserta didik yang sering melanggar kedisiplinan di sekolah seperti datang terlambat ke sekolah, membolos dan tidak memakai atribut sekolah sesuai dengan peraturan yang ada di sekolah. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui bagaimanakah tahapan pelaksanaan konseling individu menggunakan teknik behavioral contract untuk kedisiplinan peserta didik. (2) Untuk mengetahui hasil dari pelaksanaan konseling individu menggunakan teknik behavioral contract untuk kedisiplinan peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data yaitu natural setting (kondisi alamiah) dengan tekniknya observasi, wawancara dan dokumentasi. lokasi penelitian ini di SMK-SMTI Bandar Lampung. Subjek dalam penelitian ini adalah orang-orang yang menjadi sumber informasi yang dapat memberi data sesuai dengan masalah yang diteliti yaitu Guru Bimbingan dan Konseling dan peserta didik kelas X KI (Kimia Industri) di SMK-SMTI Bandar Lampung. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Data primer didapat melalui wawancara dengan guru bimbingan dan konseling mengenai Pelaksanaan konseling individu menggunakan teknik behavioral contract untuk kedisiplinan peserta didik kelas X KI (Kimia Industri). Data sekunder dalam penelitian ini berupa dokumen-dokumen yang di dapat dari Lembaga ataupun pihak-pihak yang berkaitan dengan penelitian ini. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi metode, metode yang digunakan adalah tringulasi data dengan penggabungkan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi yang bertujuan untuk pengumpulan data agar mendapat data yang teruji keabsahanya dan memperoleh data yang kredibel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan konseling individu Guru Bimbingan dan Konseling melakukan iii tahapan-tahapan konseling individu yaitu tahap awal konseling, tahap pertengahan (Tahap kerja) dan tahap akhir konseling (Tahap tindakan). Sedangkan dalam tahapan pelaksanaan teknik Behavioral Contract, Guru Bimbingan dan Konseling telah melaksanakan langkah-langkah pembuatan kontrak perilaku yaitu: memilih tingkah laku yang akan diubah dengan melakukan analisis ABC (Anteseden, Behavior, Conseqeuences), menentukan data awal atau tingkah laku yang akan diubah dan menentukan jenis penguatan yang akan diterapkan. Dari hasil pelaksanaan konseling individu menggunakan teknik behavioral contract untuk kedisiplinan peserta didik yang dilakukan oleh guru bimbingan konseling kepada keempat peserta didik yang berinisial MA HR, MI AF, SZ dan SAY peserta didik tersebut mengalami perubahan perilaku kearah yang lebih baik yaitu tidak melanggar kedisiplinan di SMK-SMTI Bandar Lampung sehingga hasil dari pelaksanaan layanan ini dapat menangani masalah kedisiplinan peserta didik. Kata Kunci : Behavioral Contract, Kedisiplinan, Konseling Individu. iv ABSTRACT This study discusses the implementation of individual counseling using behavioral contract techniques for student discipline. The problem in this study is the discipline of students who often violate discipline at school such as arriving late to school, skipping school and not wearing school attributes according to the rules in school. The objectives of this study are: (1) To find out how the stages of individual counseling use the behavioral contract technique for student discipline. (2) To find out the results of the implementation of individual counseling using behavioral contract techniques for student discipline. This study uses a descriptive qualitative approach, with data collection techniques namely natural settings (natural conditions) with techniques of observation, interviews and documentation. The location of this research is at SMK-SMTI Bandar Lampung. The subjects in this study were people who were sources of information who could provide data according to the problem under study, namely Guidance and Counseling teachers and students of class X KI (Industrial Chemistry) at SMK-SMTI Bandar Lampung. The data sources used are primary and secondary data. Primary data was obtained through interviews with guidance and counseling teachers regarding the implementation of individual counseling using behavioral contract techniques for the discipline of class X KI (Industrial Chemistry) students. Secondary data in this study are in the form of documents obtained from institutions or parties related to this research. Testing the validity of the data in this research uses the triangulation method. The method used is data triangulation by combining observation, interview and documentation techniques which aim to collect data in order to obtain data whose validity is tested and obtain credible data. The results of this study indicate that in the implementation of individual counseling Guidance and Counseling teachers carry out individual counseling stages, namely the initial counselling stage, the v middle stage (work stage)and the final counselling stage (action stage). Whereas in the stages of implementing the Behavioral Contract technique, the Guidance and Counseling teacher has carried out the steps for making a behavioral contract, namely: choosing the behavior to be changed by conducting an ABC analysis (Antecedents, Behavior, Consequences), determining the initial data or behavior to be changed and determine the type of reinforcement to be applied. From the results of the implementation of individual counseling using the behavioral contract technique for student discipline carried out by the counseling teacher for the four students with the initials MA HR, MI AF, SZ and SAY the students experienced a change in behavior towards a better one, namely not violating discipline in SMK - SMTI Bandar Lampung so that the results of implementing this service can handle student disciplinary problems. Keywords: Behavior Contract, Discipline, Individual Counseling

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Dec 2023 07:25
Last Modified: 01 Dec 2023 07:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31337

Actions (login required)

View Item View Item