PENGELOLAAN PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN PUTRI HIKMATUL MUBTADIAAT BANDAR LAMPUNG

Chintya, Suci Nurhayati (2023) PENGELOLAAN PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN PUTRI HIKMATUL MUBTADIAAT BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL CHINTYA SUCI NURHAYATI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pengelolaan merupakan unsur penting dalam pelaksanaan program. Penelitian ini membahas terkait pengelolaan program tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Putri Hikmatul Mubtadiaat Bandar Lampung. Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya lembaga pendidikan yang melaksanakan program tahfidz Al-Qur’an tetapi kurang memperhatikan dalam pengelolaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan program tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Putri Hikmatul Mubtadiaat Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yaitu Pimpinan Pondok Pesantren, Pimpinan Program Tahfidz Al�Qur’an, dan Guru Pembimbing. Sumber data sekunder yaitu berupa data teoritis, dokumentasi, dan data pendukung lainnya yang diperoleh dari dokumen Pondok Pesantren. Analisis data penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan yang diperoleh menunjukkan bahwa Pengelolaan Program Tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Putri Hikmatul Mubtadiaat sesuai dengan teori dari pendapat G.R Terry, dimana dalam pengelolaannya terdapat adanya 1) Perencanaan program tahfidz dilakukan pada awal ajaran baru secara musyawarah, adanya penetapan kriteria, tujuan, dan pembaharuan. 2) Pengorganisasian program tahfidz yaitu menetapkan kriteria pada guru pembimbing, penempatan dan pembagian tugas, dan hubungan komunikasi antara pimpinan dan guru pembimbing. 3) Pelaksanaan program tahfidz dilakukan sehari tiga kali pada pagi ,siang, dan malam. Dalam pelaksanaanya terdapat metode yang digunakan dalam menghafal, pembagian jadwal, dan faktor pendukung dan faktor penghambat. 4) Pengawasan melibatkan semua guru dan wali santri, penggunaan buku setoran hafalan dan buku murajaah, serta evaluasi hafalan pada ujian individu dan ujian semester. Setelah penelitian ini dilakukan peneliti merekomendasi kepada program tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Putri Hikmatul Mubtadiaat Bandar Lampung bahwa bagi pimpinan program atau guru pembimbing seyogyanya pengelolaan yang telah dilaksanakan dibuat dalam bukti fisik atau dokumen sebagai data pendukung dari program tahfidz tersebut. Kata Kunci : Manajemen, Tahfidz Al-Qur’an iii ABSTRACT Management is an important element in program implementation. This study discusses the management of the Qur'an tahfidz program at the Hikmatul Mubtadiaat Bandar Lampung Islamic Boarding School. This research is motivated by the number of educational institutions that implement the tahfidz Al-Qur'an program but pay less attention to its management. This study aims to determine how the management of the Qur'an tahfidz program at the Hikmatul Mubtadiaat Bandar Lampung Islamic Boarding School. This research is a qualitative research using a descriptive approach. This research uses data collection techniques by means of interviews, observation, and documentation. The data sources used are primary data sources, namely the Head of the Islamic Boarding School, the Head of the Al-Qur'an Tahfidz Program, and the Supervising Teacher. Secondary data sources are theoretical data, documentation, and other supporting data obtained from Islamic Boarding School documents. This research data analysis uses data reduction, data presentation, and conclusion drawing. Test the validity of the data using source triangulation. Based on the results of the research and the conclusions obtained, it shows that the Management of the Al-Qur'an Tahfidz Program at Pondok Pesantren Putri Hikmatul Mubtadiaat is in accordance with the theory of G.R Terry's opinion, where in its management there is 1) Tahfidz program planning is carried out at the beginning of the new school in deliberation, there is a determination of criteria, goals, and renewal. 2) Organizing the tahfidz program, namely setting criteria for the mentor teacher, placement and division of tasks, and communication relations between leaders and mentor teachers. 3) The implementation of the tahfidz program is carried out three times a day in the morning, afternoon, and evening. In its implementation, there are methods used in memorizing, schedule distribution, and supporting and inhibiting factors. 4) Supervision involves all teachers and santri guardians, the use of memorization deposit books and murajaah books, as well as memorization evaluations on individual exams and semester exams. After this research was conducted, the researcher recommended to the Al-Qur'an tahfidz program at the Hikmatul Mubtadiaat Bandar Lampung Islamic Boarding School that for program leaders or supervising teachers, the management that has been carried out should be made in physical evidence or documents as supporting data from the tahfidz program. Keywords: Management, Tahfidz Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Dec 2023 07:11
Last Modified: 04 Dec 2023 07:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31336

Actions (login required)

View Item View Item