Eka, Ikhwanul Hakim (2023) ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DITINJAU DARI MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERSAMAAN DAN FUNGSI KUADRAT DI SMAN 1 PASIR SAKTI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Kemampuan representasi matematis adalah kemampuan menyajikan kembali notasi, simbol, tabel, gambar, grafik, diagram, persamaaan atau ekspresi matematis terdiri atas representasi visual, gambar, teks, persamaan atau ekspresi matematis. Minat belajar merupakan suatu hal yang sangat penting bagi peserta didik untuk memulai pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah Bertujuan untuk mengetahui Kemampuan Representasi Matematis ditinjau dari minat Belajar materi persamaan dan fungsi kuadrat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan Teknik pengambilan sampling menggunakan non probability sampling, yaitu 6 subjek penelitian dengan 2 siswa minat belajar tinggi, 2 siswa minat belajar sedang dan 2 siswa minat belajar rendah. Subjek minat belajar tinggi memiliki kemampuan visual, simbolik dan verbal yang baik sehingga memiliki kemampuan representasi matematis yang baik, subjek minat belajar sedang memiliki kemampuan visual yang kurang tapi baik dalam kemampuan simbolik dan verbal, sehingga memiliki kemampuan representasi matematis yang cukup, dan subjek minat belajar rendah memiliki kemampuan visual dan simbolik yang kurang tapi baik dalam kemampuan verbal sehingga memiliki kemampuan representasi matematis yang kurang. Kata Kunci: Kemampuan Representasi Matematis, Minat Belajar iii ABSTRACT Mathematical representation ability is the ability to present notations, symbols, tables, images, graphs, diagrams, equations or mathematical expressions consisting of visual representations, images, text, equations or mathematical expressions. Interest in learning is something that is very important for students to start learning. The aim of this research is to determine Mathematical Representation Ability in terms of interest in learning about equations and quadratic functions. This research uses a qualitative research method with a sampling technique using non�probability sampling, namely 6 research subjects with 2 students with high interest in learning, 2 students with moderate interest in learning and 2 students with low interest in learning. Subjects with high interest in learning have good visual, symbolic and verbal abilities so they have good mathematical representation abilities, subjects with moderate interest in learning have less visual abilities but are good in symbolic and verbal abilities, so they have sufficient mathematical representation abilities, and subjects with interest in learning low have poor visual and symbolic abilities but good verbal abilities so they have poor mathematical representation abilities. Keywords: Mathematical representation skills, interest in learning
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 01 Dec 2023 06:49 |
Last Modified: | 01 Dec 2023 06:49 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31335 |
Actions (login required)
View Item |