MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN SDIT MUHAMMADIYAH GUNUNG TERANG BANDAR LAMPUNG

ELSY, ULPA ASYARI (2023) MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN SDIT MUHAMMADIYAH GUNUNG TERANG BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI ELSY.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Peneliti ini di lakukan karena di SDIT Muhammadiyah Gunung Terang mempunyai banyak siswa ditengah persaingan pendidikan. Analisis bauran pemasaran ( marketing mix) dipilih karena unsure 7P (product, price, place, promotion, people, physical evidence, dan process ) merupakan alat bagi pemasar yang terdiri atas berbagai unsure suatu program pemasaran yang perlu di pertimbangkan agar segmentasi, targeting, dan positioning yang di tetapkan dapat berjalan sukese. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan bauran pemasaran pendidikan di SDIT Muhammadiyah gunung terang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dengan subjek penelitian Kepala Sekolah, Waka sarana dan prasarana, kepala Tata Usaha, dan Wali murid. Sumber data penelitian yaitu sumber data primer dan sekunder. Dalam penelitian menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis yang peneliti gunakan, yaitu reduksi data, penyajian data verifikasi data. Sedangkan peneliti mengunakan uji keabsahan triagulasi teknik. Hasil penelitian tentang manajemen pemasaran pendidikan di SDIT Muhammadiyah Gunung Terang : 1). Produk (Product) SDIT Muhammadiyah Gunung Terang menawarkan produk jasa berupa reputasi yang bagus, program kegiatan akademik non-akademik maupun ekstrakurikuler 2). Biaya Pendidikan (Price) Biaya pendidikan di SDIT Muhammadiyah Gunung Terang terbilang masih terjangkau dengan fasilitas yang memadai. 3). Tempat (Place) Lokasi dan letak SDIT Muhammadiyah Gunung Terang sangat strategis karena dekat dengan jalan utama lintas dan juga mudah dijangkau, untuk saat ini terbilang cukup aman dan nyaman di lingkungan sekolah. 4). Promosi (Promotion) Promosi dilakukan oleh SDIT Muhammadiyah Gunung Terang yaitu dengan menggunakan media cetak mengunakan brosur, benner dan spanduk dan media elektronik/ media sosial yaitu mengunakan twibbon, instrgram, website, youtobe dan whatsapp. 5). Orang/SDM (People) Untuk kualitas tenaga pendidik di SDIT Muhammadiyah gunung terang sudah sangat baik karena tenaga pendidik yang dimiliki sudah memenuhi 8 standar yang iv di tetapkan oleh pemerintah salah satunya yaitu sudah sarjana SI. 6). Bukti Fisik (Physical Evidence) Fasilitas sarana dan prasarana yang dimilikiSDIT Muhammadiyah Gunung terang cukup memadai dan menunjang kegiatan proses belajar mengajar. 7). Proses (Process) Proses pembelajaran di SDIT Muhammadiyah Gunung terang berjalan dengan efektif dan efesien dengan pedoman kurikulum yang terstruktur baik, guru yang berkompeten, serta sarana dan prasarana yang memadai. Kata kunci : Manajemen pemasaran pendidikan v ABSTRACT This research was carried out because SDIT Muhammadiyah Gunung Terang has many students amidst educational competition. Marketing mix analysis was chosen because the 7P elements (product, price, place, promotion, people, physical evidence, and process) are a tool for marketers which consists of various elements of a marketing program that need to be considered for segmentation, targeting, and the positioning that is determined can run successfully. This research aims to find out how the educational marketing mix is implemented at SDIT Muhammadiyah Gunung Terang. This research uses descriptive qualitative research, with the research subjects being the scool Principal, Deputy Head of Curriculum, head of Administrative and student guardian. Research data sources are primary and secondary data sources. The research uses interview, observation and documentation data collection techniques. The analysis that researchers use is data reduction, data presentation, data verification. Meanwhile, researchers used a validity test of the triagulation technique. Results of research on educational marketing management at SDIT Muhammadiyah Gunung Terang: 1). Products SDIT Muhammadiyah Gunung Terang offers products and services in the form of a good reputation, non-academic and extracurricular academic activity programs 2). Education Fees (Price) Education costs at SDIT Muhammadiyah Gunung Terang are still considered affordable with adequate facilities. 3). Place: The location and location of SDIT Muhammadiyah Gunung Terang is very strategic because it is close to the main traffic road and also easy to reach, currently it is considered quite safe and comfortable in the school environment. 4). Promotion (Promotion) Promotion is carried out by SDIT Muhammadiyah Gunung Terang, namely by using print media using brochures, banners and banners and electronic media/social media, namely using Twitter, Instagram, websites, YouTube and WhatsApp. 5). People/HR (People) The quality of teaching staff at SDIT Muhammadiyah Gunung Terang is very good because the teaching staff has met the 8 standards set by the government, one of vi which is that they have SI degrees. 6). Physical Evidence (Physical Evidence) The facilities and infrastructure owned by SDIT Muhammadiyah Gunung are clearly quite adequate and support the teaching and learning process activities. 7). Process The learning process at SDIT Muhammadiyah Gunung Terang runs effectively and efficiently with well-structured curriculum guidelines, competent teachers, and adequate facilities and infrastructure. Keywords: Education marketing management

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Nov 2023 08:13
Last Modified: 30 Nov 2023 08:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31330

Actions (login required)

View Item View Item