NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK MUSLIM PERSPEKTIF M. QURAISH SHIHAB DALAM BUKU “YANG HILANG DARI KITA AKHLAK”

JULIA, MUSTIKA (2023) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK MUSLIM PERSPEKTIF M. QURAISH SHIHAB DALAM BUKU “YANG HILANG DARI KITA AKHLAK”. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI_JULIA MUSTIKA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan di masa sekarang telah mengalami banyak perubahan akibat pengaruh globalisasi dan modernisasi sehingga mempermudahkan mengakses berbagai maam informasi. Peran orang tua dalam pendidikan pun sangat diperlukan. Pada masa sekarang banyak ditemukan, anak berani kepada orang tua seperti membentak dan tidak sopan kepada orang tua. Hal tersebut menunjukkan bukti bahwa akhlak sudah hilang dari dalam diri anak seorang muslim. untuk itu diperlukan penanaman nilai-nilai akhlak dan budi pekerti yang diberikan oleh orang tua dan guru sejak dini serta melalui pendidikan sekolah. Quraish Shihab adalah mufassir ternama di Indonesia. Salah satu bukunya adalah Yang Hilang Dari Kita Akhlak, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana nilai-nilai akhlak dalam pandangan quraish shihab dalam buku yang khusus membahas tentang akhlak tersebut. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Muslim Perspektif M. Quraish Shihab, 2) Untuk mengetahui relevansi Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Muslim Perspektif M. Quraish Shihab terhadap pendidikan masa kini. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian kepustakaan (library research), karena pengumpulan datanya berdasarkan pada teks-teks pustaka. Penelitian kepustakaan (library research) adalah sebuah penelitian yang diarahkan atau difokuskan untuk membahas dan menelaah bahan-bahan pustaka, baik yang berupa buku, jurnal serta karya ilmiah lain yang memiliki relevansi dengan pembahasan penelitian. Sumber data dalam penelitian ini memakai sumber data primer (pokok) dan sekunder (penunjang atau pendukung). Sifat penelitian berupa deskriptif kualitatif dimana metode yang berusaha menggambarkan dan menginterpretasi objek seusai apa adanya, data yang diperoleh kemudian di analasis dengan teknik analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Konsep nilai-nilai pendidikan akhlak menurut quraish shihab diantaranya: keikhlasan, rahmat, ilmu, membaca, kesabaran, ash-shidq, amanah, kesetiaan, kekuatan, lapang dada, toleransi, kemuliaan dan harga diri, disiplin, hidup sederhana, malu, dan tabayyun. (2) Relevansi Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Muslim Perspektif M. Quraish Shihab terhadap pendidikan masa kini yaitu nilai nilai akhlak yang terdapat dalam buku Yang Hilang Dari Kita Akhlak menjelaskan problema yang terjadi di lingkungan kita, terdapat sesuatu yang hilang, karena adanya perubahan yang terjadi karena pengaruh globalisasi serta perubahan zaman. untuk itu perlu adanya penanaman nilainilai akhlak seperti keikhlasan, sabar, amanah, toleransi, disiplin, membaca, jujur, kesetiaan dan lain sebagainya, yang dijadikan guru sebagai rujukan berdasarkan buku Yang Hilang Dari Kita Akhlak karya quraish shihab agar guru bisa menerapakannya kepada peserta didik di lingkungan sekolah, agar anak dibekali dengan nilai-nilai akhlak sejak dini supaya bisa anak mempersiapakan diri dalam menghadapi pendidikan masa kini Kata Kunci : Nilai-nilai Pendidikan Akhlak, M.Quraish Shihab iii ABSTRACT Education today has experienced many changes due to the influence of globalization and modernization, making it easier to access various types of information. The role of parents in education is also very necessary. Nowadays, it is often found that children are brave towards their parents, such as shouting and being disrespectful to their parents. This shows evidence that morals have disappeared from the child of a Muslim. For this reason, it is necessary to instill moral values and character given by parents and teachers from an early age and through school education. Quraish Shihab is a well-known mufassir in Indonesia. One of his books is What Our Morals Are Missing, this research aims to find out how moral values are in the view of Quraish Shihab in a book that specifically discusses these morals. The aims of this research are 1) To find out the Values of Muslim Moral Education from M. Quraish Shihab's perspective, 2) To find out the relevance of the Values of Muslim Moral Education from M. Quraish Shihab's perspective to today's education. This research is categorized as library research, because the data collection is based on library texts. Library research is research that is directed or focused on discussing and examining library materials, whether in the form of books, journals and other scientific works that have relevance to the research discussion. The data sources in this research use primary (main) and secondary (supporting) data sources. The nature of the research is descriptive qualitative where the method seeks to describe and interpret objects as they are, the data obtained is then analyzed using content analysis techniques. The results of this research show that: (1) The concept of moral values according to Quraish Shihab includes: sincerity, mercy, knowledge, reading, patience, ash-shidq, trust, loyalty, strength, open-mindedness, tolerance, nobility and self-respect, discipline , simple life, shame, and tabayyun. (2) The Relevance of Muslim Moral Education Values M. Quraish Shihab's perspective on today's education, namely the moral values contained in the book What's Missing From Us Akhlak explains the problems that occur in our environment, there is something that is lost, because of the changes that occur due to the influence of globalization and changing times. For this reason, it is necessary to instill moral values such as sincerity, patience, trustworthiness, tolerance, discipline, reading, honesty, loyalty and so on, which teachers use as a reference based on the book What's Missing From Us Akhlak by Quraish Shihab so that teachers can apply them to students in school environment, so that children are equipped with moral values from an early age so that children can prepare themselves to face today's education Keywords: Values Moral Education, M. Quraish Shihab

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Nov 2023 07:56
Last Modified: 30 Nov 2023 07:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31328

Actions (login required)

View Item View Item