PENERAPAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM TRADISI PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN UNTUK MENGEMBANGKAN SIKAP TOLERANSI PARA SANTRI PONPES ALHIKMAH BANDAR LAMPUNG

LIA, WULANDARI (2023) PENERAPAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM TRADISI PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN UNTUK MENGEMBANGKAN SIKAP TOLERANSI PARA SANTRI PONPES ALHIKMAH BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI LIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pondok Pesantren Al-Hikmah Bandar Lampung merupakan salah satu lembaga pendidikan yang berbasis agama di Kota Bandar Lampung. Berdasarkan hasil observasi pra penelitian Pondok Pesantren Al-Hikmah Bandar Lampung berada di tengah masyarakat yang beragam suku, agama, ras, serta budaya ditambah dengan santri yang berasal dari berbagai wilayah Indonesia dengan keragaman suku, ras, dan budayanya. Begitupun dengan para pengajar/pengurus yang berada di Pondok Pesantren Al-Hikmah Bandar Lampung berasal dari berbagai daerah yang berbeda. Dengan keragaman suku, ras dan budayanya mereka membawa kultur dan budaya yang berbeda untuk kemudian bisa hidup berdampingan dan menyesuaikan dengan masyarakat (santri, pengurus, pengasuh) pondok yang lain. Berkaitan dengan latar belakang tersebut, maka judul yang akan penulis angkat dalam proposal skripsi ini yaitu ―Penerapan Nilai-nilai Pendidikan Multikultural Dalam Tradisi Pendidikan Pesantren Untuk Mengembangkan Sikap Toleransi Santri Ponpes Al-Hikmah Bandar Lampung‖. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan nilai-nilai multikultural dalam tradisi pendidikan pesantren untuk mengembangkan sikap toleransi santri Ponpes Al-Hikmah Bandar Lampung? Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research). Responden yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah 8 orang responden yakni 3 orang Ustadzah dan 5 orang santri perempuan di Pondok Pesantren Al-Hikmah Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penerapan nilai-nilai multikultural dalam tradisi pendidikan pesantren untuk mengembangkan sikap toleransi santri Ponpes Al�Hikmah Bandar Lampung yang pertama adalah kegiatan formal yaitu Madrasah Diniyah, kegiatan malam Ju’mat, dan pengajian subuh. Kedua, kegiatan non formal yaitu musyawarah, kerja bakti, diskusi, kegiatan sosial, dan keteladanan. Yang ketiga adalah penerapan peraturan pondok seperti Pondok Pesantren Al-Hikmah Bandar Lampung tidak diberlakukan penempatan permanen santri di sebuah asrama, diberlakukannya aturan mengikat yang melarang santri iv berbicara menggunakan bahasa daerah. Selain bahasa utama Arab dan Inggris, keberagaman pemikiran dan ijtihad diajarkan kepada santri tanpa pemaksaan, atau mengajarkan mereka untuk memaksakan ide, sistem mualimin, dan mengajarkan pewawasan santri akan keragaman keyakinan, serta menerapkan pewawasan aneka kultur dan budaya para santrinya Kata kunci : Nilai-nilai Pendidikan Multikultural, Pendidikan Pesantren, Sikap Toleransi, Santri. v ABSTRACT Al-Hikmah Bandar Lampung Islamic Boarding School is one of the religion-based educational institutions in Bandar Lampung City. Based on the results of pre-research observations, the Al�Hikmah Bandar Lampung Islamic Boarding School is located in the midst of a society of diverse ethnicities, religions, races and cultures, plus students who come from various regions of Indonesia with a diversity of ethnicities, races and cultures. Likewise, the teachers/administrators at the Al-Hikmah Islamic Boarding School in Bandar Lampung come from various different regions. With their diversity of ethnicities, races and cultures, they bring different cultures and cultures so that they can then live side by side and adapt to the community (students, administrators, caretakers) of other boarding schools. In connection with this background, the title that the author will adopt in this thesis proposal is "Application of Multicultural Education Values in Islamic Boarding School Education Traditions to Develop an Attitude of Tolerance for Santri Al-Hikmah Bandar Lampung Islamic Boarding School". The formulation of the problem in this research is how to apply multicultural values in Islamic boarding school educational traditions to develop an attitude of tolerance in Al-Hikmah Bandar Lampung Islamic Boarding School students? This research includes field research. The respondents that researchers used in this research were 8 respondents, namely 3 Ustadzah and 5 female students at the Al-Hikmah Islamic Boarding School in Bandar Lampung. Data collection techniques using interviews, observation and documentation. The application of multicultural values in the Islamic boarding school education tradition to develop an attitude of tolerance in the students of the Al-Hikmah Bandar Lampung Islamic Boarding School is the first formal activity, namely Madrasah Diniyah, Friday night activities and dawn recitation. Second, non�formal activities, namely deliberation, community service, discussions, social activities and example. The third is the implementation of boarding school regulations such as the Bandar Lampung Al-Hikmah vi Islamic Boarding School, there is no permanent placement of students in a dormitory, the implementation of binding rules that prohibit students from speaking in regional languages. Apart from the main languages Arabic and English, diversity of thought and ijtihad are taught to students without coercion, or teaching them to impose ideas, the mualimin system, and teaching students insight into diversity of beliefs, as well as applying insight into various cultures and cultures of their students. Keywords: Multicultural Education Values, Islamic Boarding School Education, Tolerant Attitudes, Santri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Nov 2023 07:49
Last Modified: 30 Nov 2023 07:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31327

Actions (login required)

View Item View Item