PENGEMBANGAN MEDIA DIGITAL MATH COMICS DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA

SULASTRI, Parjo (2023) PENGEMBANGAN MEDIA DIGITAL MATH COMICS DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB I DAN II.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK SULASTRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Digital Math Comics dengan pendekatan saintifik untuk mengetahui kelayakan, kemenarikan, dan efektivitas media pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Uji kelayakan media Digital Math Comics dilakukan menggunakan angket validasi yang melibatkan tiga validator ahli media dan tiga validator ahli materi. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA di SMA Negeri 1 Baradatu yang terdiri atas 10 siswa uji coba kelompok kecil dan 30 siswa uji coba kelompok besar. Uji kemenarikan media dilakukan dengan angket respon siswa. Sedangkan uji keefektivitasan produk dilakukan dengan memberikan soal pretest dan posttest. Hasil ahli media dan materi secara keseluruhan memperoleh skor rata�rata sebesar 3,75 dari ahli media dengan kriteria sangat layak dan hasil penilaian ahli materi memperoleh skor rata-rata sebesar 3,66 dengan kriteria sangat layak. Uji kemenarikan pada kelompok kecil memperoleh skor rata-rata sebesar 3,47 dengan kriteria sangat menarik dan pada kelompok besar memperoleh skor rata-rata sebesar 3,52 dengan kriteria sangat menarik. Kemudian dilakukan uji efektivitas produk dengan melihat hasil pretest yang memperoleh skor rata-rata 32,92 dan hasil posttest memperoleh skor rata-rata 71,04. Uji efeltivitas dengan n-gain memperoleh persentase sebesar 57% dengan kriteria ―Cukup Efektif‖. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media Digital Math Comics yang dikembangkan sangat layak dan sangat menarik untuk digunakan sebagai media pembelajaran matematika. Kata Kunci : Digital Math Comics, Pendekatan Saintifik, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa, Webtoon. iv ABSTRACT This research aims to develop Digital Math Comics learning media with a scientific approach to determine the suitability, attractiveness and effectiveness of the media to improve students' mathematical critical thinking skills. This type of research is development research or Research and Development with the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) development model. The feasibility test for Digital Math Comics media was carried out using a validation questionnaire involving three media expert validators and three material expert validators. The test subjects in this research were class XII Science students at SMA Negeri 1 Baradatu consisting of 10 small group trial students and 30 large group trial students. The media interest test was carried out using a student response questionnaire. Meanwhile, product effectiveness testing is carried out by providing pretest and posttest questions. The overall results of media and material experts obtained an average score of 3.75 from media experts with very appropriate criteria and the results of the material expert assessment obtained an average score of 3.66 with very appropriate criteria. The attractiveness test in the small group obtained an average score of 3.47 with very attractive criteria and the large group obtained an average score of 3.52 with very attractive criteria. Then a product effectiveness test was carried out by looking at the pretest results which obtained an average score of 32.92 and the posttest results obtained an average score of 71.04. The effectiveness test with n-gain obtained a percentage of 57% with the criteria "Fairly Effective". Thus, it can be concluded that the Digital Math Comics media developed is very feasible and very interesting to use as a mathematics learning media. Keywords : Digital Math Comics, Scientific Approach, Critical Mathematical Thinking Skil, Webtoon.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Nov 2023 07:09
Last Modified: 30 Nov 2023 07:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31321

Actions (login required)

View Item View Item